Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Buku Language Smart Kids
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34123Keywords:
Language Smart Kids, Kecerdasan LinguistikAbstract
Kecerdasan linguistik merupakan kemampuan untuk menyusun pikirann dengan jelas dan mampu menggunakannya secara kompeten melalui kata-kata untuk mengungkapkan pikiran-pikiran dalam berbicara, membaca, dan menulis. Terdapat beberapa anak yang kurang pada perkembangan linguistik sehingga anak menjadi mudah bosan, kurang memahami huruf, dan anak kesulitan dalam mengeja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak kelompok B dengan menciptakan buku baca tulis yang berjudul Language Smart Kids. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode research and development yaitu dengan metode pengembangan produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil dan kelompo besar, pada kelompok kecil dilakukan dengan 5 orang anak sengakan pada kelompok besar dilakukan dengan jumlah 20 anak. Uji kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu memahami bahasa reseptif, dapar menggunakan bahasa ekspresik, dan mengenal keaksaraan. Metode pengumpulan data menggunakan wawacara, dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian yang dilakukan uji kelompok kecil pada kegiatan 1 mendapatkan hasil 100%, kegiatan 2 mendapatkan hasil 85%, dan kegiatan 3 mendapatkan hasil 95%. Kemudian setalah melakukan uji kelompok kecil, maka dapat melakukan uji kelompok besar pada kegiatan 1 mendapatkan hasil 100%, kegiatan 2 mendapatkan hasil 81,25%, dan kegiatan 88,75%. Maka, buku Language Smart Kids mendapatkan hasil yang sangat baik sehingga buku Laguage smart Kids layak digunakan untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak kelompok B. Implikasi penelitian ini diharapkan buku Language dapat digunakan sebagai pembelajaran disekolah maupun digunakan belajar dirumah.
References
Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.
Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1). http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2970%0A.
Dewi, R., Wahyuningsih, S., & Nurjanah, N. E. (2019). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 352. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.32092.
Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.
Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216.
Handayani, L. (2020). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter pada Ranah Sekolah bagi Siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Kendal. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.33494.
Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668.
Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175.
Izzaty, R. E., Cholimah, N., & Wulandari, R. (2017). Pengembangan Buku Cerita Tematik Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Membaca Pada Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11704.
Jundu, R., Jehadus, E., Nend, F., Kurniawan, Y., & E. Men, F. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353.
Misnawan, I. W. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 282. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266.
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.
Nur Hidayah, A., & Nurhadija, N. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart Paud, 1(1), 73. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523.
Nurfazrina, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447.
Palenkahu, N. (2018). Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dua Tahun Tujuh Bulan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 268 – 286. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.336.
Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273.
Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2259–2268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082.
Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256.
Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal Empowerment, 1(2), 18–23. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611.
Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI / SD dengan media buku bergambar seri. Journal Basic Of Education, 4(2), 173–183. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699.
Surachman, D. (2020). Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99.
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02.
Ulwiyah, I. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 2(2), 40–49. https://doi.org/10.31539/joes.v2i2.949. .
Vera Sardila, M. P. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)