Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34259Keywords:
Multimedia Interaktif, Aspek KognitifAbstract
Pembelajaran selama pandemic covid 19 dilakukan secara jarak jauh
akan tetapi sebagian guru melakukan bimbingan terhadap siswa secara
bergantian dikarenakan kendala koneksi internet yang kurang baik dan
terlebih mobilitas orang tua siswa yang sebagian sibuk. Karena kendala
tersebut, permasalahan yang ada adalah belum adanya peralatan yang
cocok dalam rangka meningkatkan kemampuan kognitif anak. Oleh
karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
sejauhmana hasil upaya kemampuan kognitif matematika anak melalui
permainan membuat alat transportasi. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan model Kurt
Lewin. Penelitian PTK dilaksanakan dalam2 siklus penelitian, dengan
tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi
pada setiap siklusnya. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni
anak kelompok B1 di TK. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi yang kemudian dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu data yang
diperoleh dalam bentuk presentase. Hasil analisis penelitian
menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus kemampuan kognitif
matematika anak hanya mencapai 32,1% kemudian meningkat pada
siklus I menjadi 66%, dan meningkatkan kembali pada siklus II menjadi
92,2%. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan kemampuan kognitif matematika ana di setiap
siklusnya, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan
kognitif matematika anak yang terkendala dengan koneksi internet dan
kesibukan orang tua dapat ditingkatkan m
References
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkungan yang ada di sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1171.
Agustina, S., Nasirun, M., & Delrefi. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33.
Ashadi, F. (2017). Pengembangan sumberdaya manusia dalam lembaga pendidikan anak usia dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 412–418. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4448.
Chanifudin, & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77.
Dewi, I. A. P. R. N. (2020). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 49–59. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384.
Eldes, I. (2015). Ilmu Dan Hakekat Ilmu Pengetahuan Dalam Nilai Agama. Al-Hikmah, 9(2). https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v9i2.322.
Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., Putri, E. I. E., & Rahayu, S. M. (2021). Pendampingan Kegiatan Pembelajaran Siswa Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 092. https://doi.org/10.29062/abdi_kami.v4i1.519.
Fajriani, K., & Liana, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Pencampuran Warna Dengan Percobaan Sains Sederhana Di Tk Islam Silmi Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.394.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol. 9, No. 2, Tahun 2021, pp. 158-166 165
Suzana/Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas pada Masa Pandemi Covid-19
Humairah, Khamidah, Z., Rismawanda, R., Saud, A. S., & Mubarok. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.487.
Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 1–6. https://attractivejournal.com/index.php/bce/article/ view/232/166.
Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia. Jurnal Golden Age, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2187.
Kartini, K., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif tema binatang untuk pembelajaran di taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33879.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739.
Kurniawan, E. Y. (2019). Pendidikan Berbasis Kreativitas Pada Mahasiswa PGPAUD Melalui Pemanfaatan Media Barang-Barang Bekas Dalam Pembelajaran Musik Perkusi di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1272.
Kurniawati, W., & Atmojo, S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah Dengan Alat Peraga Barang Bekas Dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8866.
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178.
Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938.
Ngurahrai, A. H., Fatmaryanti, S. D., & Nurhidayati, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 76–83. https://doi.org/10.37729/radiasi.v12i2.55.
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007.
Novitasari, Y., Prastyo, D., Iftitah, S. L., Reswari, A., & Fauziddin, M. (2021). Media Daur Ulang (Recycle System) dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1209.
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097.
Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai, 21(1), 1–9. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/489.
Putri, C. N., Sofia, A., & Drupadi, R. (2019). Pengembangan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Bermain Kartu Scrapbook. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 63–65. https://doi.org/10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001.
Putri, W. M., & Pransiska, R. (2021). Pembelajaran Dengan Kegiatan Daur Ulang Botol Bekas Untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 144–148. https://doi.org/10.31004/ edukatif.v3i1.269.
Setyowati, C. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Bahan Bekas. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1696.
Siron, Y., Khonipah, I., & Fani, N. K. M. (2020). Penggunaan Barang Bekas Untuk Media Pembelajaran Di Paud: Pengalaman Guru. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(2), 63–74. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol. 9, No. 2, Tahun 2021, pp. 158-166 166
JJPAUD. P-ISSN: 2613-9669 E-ISSN: 2613-9650
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385.
Suryaningsih, A., & Rimpiati, N. L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 194. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.113.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., Ridwan, M., & Karim, A. (2020). Gadget And The Internet For Early Childhood Distance Learning. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019–8028.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)