Implementasi Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Berdampak Positif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Dan Kemampuan Literasi Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.34520Keywords:
sosial emosional, literasi diniAbstract
Penggunaan media lebih menonjol ketimbang penggunaan model pembelajaran. Dalam penggunaan anak belum terlihat berperan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap perkembangan sosial emosional dan kemampuan literasi dini. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimental, dengan rancangan single factor independent group design Populasi dalam penelitian berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel pada kelas eksperimen berjumlah 47 siswa, sedangkan kelas kontrol berjumlah 46 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dengan penilaian rubrik. Hasil penelitian berdasarkan analisis MANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap perkembangan sosial emosional dan kemampuan literasi dini pada anak kelompok B taman kanak-kanak dengan hasil perhitungan F = 73,689 dengan signifikansi < 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap perkembangan sosial emosional dan kemampuan literasi dini pada anak usia dini.
References
Abidin, Y. dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara.
Bali, E. N. dkk .2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar untuk Pengenalan Kemampuan Literasi Dini AUD”. Jurnal program studi pendidikan dasar, program pascasarjana Universitas Negeri Semarang. (Diakses pada tanggal 25 Februari 2017).
Desmareza, R. 2012. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Montase di RA Darul Ulum PGAI Padang. Jurnal Pesona PAUD.Vol 1. No 1.
Istiqomah, dkk. 2016. Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Kegiatan Outbond Pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafa’ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi UNEJ, III (2): 19-21.
Joyce, B, dkk. 2011. Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lestari, N. G. A. M. Y. 2013. “Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual”. Jurnal pendidikan usia dini volume 7 edisi 2 November 2013 PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta.
Lonigan, C. J. 2006. “Development, assessment, and promotion of pre literacy skills”. Journal of Early Education and Development, 17 (1), 91-114.
Marhaeni, A. A. I. N. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nuraeni, A. 2016. “Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan dlongo Bantul”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 3 Tahun ke-5 2016. Universitas Negeri Yogyakarta.
Radliya, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.1 No.1.
Sepyanda, M. dkk. 2013. The Effect of Picture Word Inductive Model (PWIM) and Students’ Self-Efficiacy Toward Their Writing Skill of Descriptive Text at Grade X of SMA Negeri IX Koto Sungai Lasi. Jurnal English Language Teaching, Vol 1 No.1.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, S. 2015. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PEDAGOGIA.
Wahyuni, dkk. 2015. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Pemberian Tugas Kelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4. No.10.
Wilson, S. N. dan Lonigan, C. J. 2009. An Evaluation Of Two Emergent Literacy Screening Tools For Preschool Children. Annual of Dyslexia, 59 (2), 115-131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)