Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497Keywords:
Tri Hita Karana, Aspek AfektifAbstract
Penelitian ini dilakuakan didasari oleh pembelajaran yang kurang menarik atau bersifat monoton akibat dari pandemi. Masa pandemi juga membuat proses pembelajaran lebih dominan dilaksanakan menggunakan handphone. Penelitian ini bertujan untuk menghasilkan rancang bangun dan mengetahui validitas media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang diantaranya ahli isi pembelajaran 1 orang, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran 1 orang, dan pada uji perorangan menggunakan 3 orang anak usia dini kelompok B. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil persentase uji validitas oleh ahli isi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa produk media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini adalah video animasi yang dikembangkan ini dapat menjadi solusi dari permasalahan pembelajaran daring yang ada di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu mengembangkan media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif anak usia dini. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk membuat pembelajaran daring tidak monoton, karena media ini dibuat dengan visualisasi yang menarik yang akan meningkatkan motivasi belajar anak.
References
Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Akbar, N. T. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 1(6), 1120–1126. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456
Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Instruksional, 1(2), 172–180. https://jurnal .umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6264.
Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org /10.31004/obsesi.v1i1.33
Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105
Artana, I. (2016). Tri Hita Karana Meningkatkan Kualitas Modal Manusia Dari Persfektif Kesehatan. PIRAMIDA Jurnal Kependudukan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 10(2), 100–105. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/piramida/article/download/18699/12187
Darmadi, H. (2015). TUGAS, PERAN, KOMPETENSI, DAN TANGGUNG JAWAB MENJADI GURU PROFESIONAL. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Fazriah, S. L., Hafshah, T. A., & Maranatha, J. R. (2021). Penggunaan Media Film Animasi Bisu Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta. Indonesia Journal of Community Service In Engineering and Educaion, 1(1), 22–27. https://vm36.upi .edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33199/14277
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Fitri, N., & Idris, M. (2019). Nilai Pendidikan Islam dalam Qur’an Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, 1(1), 32–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.2667704
Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29
Isbayani, N. S., Sulastri, N. M., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Outbound Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 41(5), 430–443. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.6148
Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579
Jamun, Y. M., & Momang, H. D. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Berbasis Multimedia. 7, 7–20. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.6209
Luthfiyah, E., & Rakhmawati, N. I. S. (2018). Pengembangan Permainan Domino Angka terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 1–8. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/24150.
Mahardika, G. Y., Sindu, I. G. P., & Suyasa, P. W. A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Tri Hita Karana Dan Catur Guru Dalam Mata Pelajaran Agama Hindu Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar “ Studi Kasus SDN 1 Tangguwisia .” 8(3), 500–509, http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v8i3.21341.
Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60–67. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300
Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467
Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Nenny, M., YASMIS, S., & ABNA, H. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/: https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03
Nofikasari, I., Suryani, F., & Yuliana, M. E. (2019). Induksi Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Paud Aisiyah Al- Hasanah Sukoharjo. September, 3–5. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3264.
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Nurjanah, E. (2017). Teknik dan Instrumen Asesmen PAUD Ranah Afektif: Teknik Non Tes. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 3(1), 25–38. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/291.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2). https://journal.uny.ac.id/index.php /cope/article/viewFile/2913/2434.
Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3939
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964 /4705
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5, 54–63. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362.
Suandi, A., & Pamungkas, P. D. A. (2019). Multimedia Interaktif Pembelajaran Ips Kelas 7 Berbasis Android Pada Mts Al-Wasliyah Jakarta Timur. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 66. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1087
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran (Issue September). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudaryono, Desrianti, D. I., & Maulida, S. N. (2018). Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Ra Yasir Tangerang. ICIT Journal, 4(2), 168–179. https://doi.org/10.33050/icit.v4i2.91
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(9), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394
Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Syarifah, H. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Bandung: Graha Ilmu.
Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wulandari, I. A. G., & Suyanta, I. W. (2019). Guru Kreatif Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Taksonomi Bloom. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 37–40. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.736
Yoniartini, D. M. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Malang: Literasi Nusantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)