Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Komang Ayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B. Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Keywords:

Zoolfabeth, Multimedia Interaktif

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ada paa pembelajaran daring di masa pandemi. Guru memerlukan media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancang bangun dan mengetahui validitas media pembelajaran zoolfabeth menggunakan multimedia interaktif untuk perkembangan kongnitif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan anak usia dini dengan kemampuan yang berbeda-beda. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode non tes dengan intrumen berupa lembar kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji validitas oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 88,45 dengan kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh skor 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran zoolfabeth menggunakan multimedia interaktif pada perkembangan kongnitif ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini adalah media zoolfabeth menggunakan multimedia interaktif ini dapat menjadi solusi atas permasalahan pada pembelajaran daring, khususnya untuk membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi.

Author Biographies

Ni Komang Ayu, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

I.B. Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Abhyasari, N. P., Kusmariyatni, N. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 111–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24547.

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784.

Andriyani, E. W., & Susilowibowo, J. (2018). Pengembangan LKPD Berbentuk Pop Up Book Sebagai Bahan Ajar Pendukung Pada Materi Utang Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25654.

Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Idealis, 1(5), 393–400. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/ IDEALIS/article/view/1033.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959.

Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic For Application (Vba) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 30. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648.

Isbayani, N. S., Sulastri, N. M., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Outbound Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 41(5), 430–443. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.6148.

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87/91.

Khoiriyati, S., & Saripah. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209.

Mado, T. W., Mado, Y. J., & Gusti. (2021). Aplikasi Multimedia Pembalajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak - Anak. Jurnal In Create (Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi), 7(1). http://increate.nusanipa.ac.id/index.php/increate/article/view/20/17.

Mahardika, G. Y., Sindu, I. G. P., & Suyasa, P. W. A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Tri Hita Karana Dan Catur Guru Dalam Mata Pelajaran Agama Hindu Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar “Studi Kasus SDN 1 Tangguwisia.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(3), 500–509. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/ viewFile/9922/6298.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140.

Putra, P. A., & Hasiana, I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 19–24. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21.

Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54–63. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362.

Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781.

Santoso, P. (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 235. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.319.

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161.

Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Syafrizal, A., Andika, R., & Panggabean, A. P. (2018). Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan HTML 5 Berbasis Multimedia Interaktif. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 7–12. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2077.

Syukri. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Tk Bunaya. Jurnal AL-Abyadh, 3(1), 27=38. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/168.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tresnawati, D., & Hidayat, E. (2017). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 400–409. https://doi.org/10.33364 /algoritma/v.14-2.400.

Wahyuni, I. W., Muazimah, A., & Misda. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i1.24307.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.

Downloads

Published

2021-07-11

How to Cite

Ayu, N. K., & Manuaba, I. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194–201. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Issue

Section

Articles