Dampak Pola Asuh Demokratif dan Primisif Terhadap Kualitas Motorik Anak 5-6 Tahun

Authors

  • Febi Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42518

Keywords:

motorik, pola asuh

Abstract

Kemampuan motorik cenderung diabaikan oleh beberapa pihak stimulan, seperti orangtua dan guru. Hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh demokratif dan promisif terhadap kualitas motorik anak 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode campuran yang dilakukan dengan desain penelitian eksperimental dengan tipe penelitian pre-eksperimental. Subjek pada penelitian ini merupakan 2 (dua) orang anak laki-laki dengan usia berada pada rentan usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Pengelolaan data menggunakan metode studi pustaka dengan analisis kuantitaf yang dijabarkan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kualitas kemampuan motorik anak, yang ditunjukan dengan adanya perbedaan kualitas motorik anak dengan pola asuh primisif memiliki kemampuan motorik yang baik (normal) sedangkan anak dengan pola asuh demokratif memiliki kemampuan motorik lebih (advanced). Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam menentukan pola asuh yang tepat untuk anak.

Author Biography

Febi Rahmawati, Universitas Pendidikan Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Pendiddikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia , Tasikmalaya, Indonesia  

References

Adi, B. S. (2015). Hubungan Pola Asuh dengan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3031. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3031

Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.57. DOI: https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.57

Adpriyadi. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Engklek pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 187 – 198. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.10016

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219–234. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/viewFile/639/pdf. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 55–61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84. https://doi.org/10.52434/jp.v5i1.43.

Asmara, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting di Kelompok A TK Khadijah Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.3624.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421. DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2016). Pendidikan Orang Tua Dan Aspek-aspek Kepribadian Pada Prilaku Disruptif Anak. Empaty, 5(3), 491–502. https://media.neliti.com/media/publications/69811-ID-none.pdf.

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Arraniry, 3(1), 59–73. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2045.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Rancangan Animasi Pembelajaran Interaktif Alfabet Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/viewFile/363/272.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105

Hendayani, Y., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Balok Bergambar Di Tkip Assalaam Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26668. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26668

Hisby, M., & Kosasih, E. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa SD Negeri 2 Caracas. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26797. DOI: https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26797

Humaedi, Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Marwoko, C. A. G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tabbiyah Syari’ah Islam, 26(1), 60–75. https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.69.

Masrifatin, Y. (2015). Dominasi Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Ranah Kognitif Afektif Dan Psikomotor. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 129–145. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i1.755.

Maulida, U. (2021). Esensi The Absorbent Mind Pada Pendidikan Anak. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 108–119. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.278.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564. DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Munir, Z., Yulisyowati, Y., & Virana, H. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Profesional, 7(1). https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.505. DOI: https://doi.org/10.33650/jkp.v7i1.505

Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2016). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Bullying di Sekolah pada Siswa SMP. Indigenous, 13(3), 29–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i1.2318.

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161

Nurwita. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai., 3(2), 808. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.285.

Permana, I. M. D., & Tobing, D. H. (2019). Peran intensitas bermain game online dan pola asuh permisif orangtua terhadap tingkat agresivitas pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 139. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p14. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p14

Pucangan, K. dkk. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal: Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444.

Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664

Sahara, Z. I., Muslihin, H. Y., & Mulyana, E. H. (2021). Studi kasus keterlambatan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini di Taam Futuhal Arifin. Jurnal PAUD Agapedia, 5 (1)(1), 124–128. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39704.

Saputri, M. S., & Utaminingsih, D. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(4). https://doi.org/http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19434.

Sari, A., Redjeki, D. S. S., & Anggarani, R. P. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 6(1), 104–112. https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.php/dksm/article/view/89/68.

Sitompul, L. R., Rafida, T., & Hasibuan, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Aspek Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 6(1), 1311–1323. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2152. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2152

Srianis, K., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. E-Journal Pg-Paud, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3533.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385. DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Sunanti, S., Agustin, M., & Kurniati, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Permainan Tradisional Galahbandung Terhadap Kecerdasan Bodili-Kinesthetic Anak Usia Dini. Edukid, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16922. DOI: https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16922

Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Suyitno, I. (2018). Penelitian Deskripsi Kelas (1st ed.). PT RAAGRAFINDO PERSADA.

Syah Khalif Alam, Ghina Wulansuci, R. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Guru Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 260–265. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4829

Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Ujianti, P. R., Suastika, N., & Dewi, P. S. D. (2021). Tantangan Praktek Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 318. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841 DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Rahmawati, F. (2022). Dampak Pola Asuh Demokratif dan Primisif Terhadap Kualitas Motorik Anak 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 16–24. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42518

Issue

Section

Articles