Strategi Orang Tua dalam Menangani Gejala Stres pada Anak TK B Saat Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42564Keywords:
Strategi Orang Tua, Stres BelajarAbstract
Sistem pembelajaran secara daring yang berlangsung selama pandemi covid-19 menimbulkan berbagai gejala stres bagi anak terutama anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi orang tua dalam menangani gejala stres anak saat pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian survei. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan yaitu orang tua yang memiliki anak TK B yang sudah terlibat dalam pembelajaran secara daring selama pandemi covid-19. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 27 orang tua siswa TK B. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode menggunakan metode angket, dengan instrument berupa lembar pertanyaan tertulis yang perlu diisi oleh orang tua berupa data pribadi orang tua dan anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat gejala stres yang dialami anak disesuaikan dengan kemampuan orang tua dalam menangani gejala stres anak yang muncul yakni 15% anak berada pada tingkat gejala stres rendah, 81% berada pada tingkat gejala stres sedang, dan 4% pada tingkat gejala stres tinggi. Dengan gejala stres yang dialami anak peneliti menemukan bahwa para orang tua menggunakan berbagai upaya dalam menangani gejala stres belajar anak seperti 67% orang tua memberikan hadiah/ reward, 22% orang tua mengajak anaknya bermain dan rekreasi, dan 11% yang memahami dan menyesuaikan gaya belajar anak. Orang tua harus selalu peka terhadap kondisi anak sehingga tidak mengalami gejala stres saat pembelajaran daring.
References
Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.276. DOI: https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.276
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527. DOI: https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arirahmanto, S. B. (2016). the Development of Burnout Reduction Application Based on Android for Smpn 3. Jurnal Unesa, 6(1), 2. https://www.neliti.com/id/publications/252562/pengembangan-aplikasi-penurunan-kejenuhan-belajar-berbasis-android-untuk-siswa-s.
Arsy, G. R., Listyarini, A. D., & Nyumirah, S. (2021). Pendampingan Psikologis Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(2), 161. https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.762. DOI: https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.762
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005. DOI: https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800. DOI: https://doi.org/10.29210/119800
Dewi, M. (2020). Analisis Kerja Sama Guru Dengan Orang Tua Dalam Pembelajaran Online Di Era Covid 19 Di MI Azizan Palembang. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 54–64. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661. DOI: https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282. DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4
Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.638. DOI: https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.638
Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711–2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969
Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2021). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23–48. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256. DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128
Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201. https://scholar.archive.org/work/ezhxwhdesngsfidave57s7oige/access/wayback/.
Na’im, Z., Ahsani, F., & Luthfi, E. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535
Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769
Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 9(2), 18–29. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/716.
Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702
Pujowati, Y. (2021). Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pamator, 14(2). https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11574. DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11574
Pustikasari, A., & Fitriyanti, L. (2021). Stress dan Zoom Fatigue pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 25–37. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.467. DOI: https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.467
Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien,Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Di Masa Pandemi. Global Komunika, 1(2), 1–13. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/GlobalKomunika/article/view/1760.
Saefulmilah, M. I., Hijrah, M., & Saway, M. (2020). Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i3.935.
Sari, D. N., Tobing, C. M. H., & Sahrazad, S. (2021). Hubungan Tingkat Stres Orangtua Terhadap Emosional Anak Pada Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 di MTS. Ar-Rahman Ciracas. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.4708. DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.4708
Sihombing, S. J. (2021). Coping stress antara ibu rumah tangga dengan ibu bekerja dalam menghadapi pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Pengembangan SDM, 10(1), 49–57. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/753.
Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis stress dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 41–53. https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11527. DOI: https://doi.org/10.22219/cognicia.v8i1.11527
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315
Trisnani, N., & Astuti, A. D. (2021). Penguatan peran orang tua dalam mengatasi kejenuhan belajar anak selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 97–106. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3190. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3190
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fatimatun Zahroh, Muazar Habibi, Ika Rachmayani, I Nyoman Suarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)