Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Berbasis Tri Kaya Parisudha pada Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Komang Trisna Mahartini Universiats Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suastika Universiats Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42817

Keywords:

PAUD, RPPH, Tri Kaya Parisudha

Abstract

Banyak guru yang masih beranggapan bahwa menyusun RPPH tidaklah penting. Bagi mereka, yang terpenting adalah masuk di kelas dan siswa mendapat pelajaran. Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPPH wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan pembelajaran harian (RPPH) berbasis Tri Kaya Parisudha pada kurikulum 2013 untuk pendidikan anak usia dini. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiaan ini adalah Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan dalam penelitian dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dilakukan pada setiap batang tubuh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dengan mengutamakan nilai-nilai ajaran agama Hindu. Ajaran agama Hindu yang dimuatialah Tri Kaya Parisudha. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian berbasis Tri Kaya Parisudha tersusun atas beberapa bagian diantaranya bagian kepala atau kop RPPH, bagian keterangan atau leher RPPH, bagian isi atau tubuh RPPH dan bagian akhir atau kaki RPPH.

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 55–61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8. DOI: https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8

Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338

Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.2.1

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514

Hala, Y., Saenab, S., & Kasim, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal Of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 85 – 96. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1825. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1825

Hardiyanti, Y., Husain, M. S., & Nurabdiansyah, N. (2018). Perancangan Media Pengenalan Warna Untuk Anak Usia Dini. JURNAL IMAJINASI, 2(2), 43. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553. DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9553

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 851–861. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898.

Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Na’imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 4(2), 747–756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nafi, I., Muakibatul, H., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 901–904. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6300.

Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832–843. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Oviana, W. (2013). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Oleh Guru SD dan MI di Kota Sabang. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(9), 1689–1699. https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3316.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2020). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956

Primayana, K. H. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1, 321–328. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya.

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105

Roosyanti, A. (2020). The Effect Of Project-Based Learning Towards Science Literation Of Elementary School Students. Jurnal Pena Sains, 7(2), 54 – 59. https://doi.org/10.21107/jps.v7i2.6866. DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v7i2.6866

Sopiah, Y. (2019). Strategi Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian Melalui Bimbingan Berkelanjutan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 44 – 50. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.35. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.35

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Supadma, I. K., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Hot Pada Tema 9 Subtema 1 Kelas Iv Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(2), 106–115. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218

Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Mahartini, K. T., & Suastika, I. N. (2022). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian Berbasis Tri Kaya Parisudha pada Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 84–92. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42817

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)