Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Inovatif

Authors

  • I Made Hartawan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.45773

Keywords:

Karakter Anak Usia Dini, Pembelajaran Inovatif

Abstract

Kemampuan dan potensi anak PAUD belum berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan belum adanya kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis tingkat kebutuhan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran inovatif di TK. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah guru dan anak didik. Tehnik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran inovatif di Di TK dapat digambarkan masih kurangnya pemahaman dari para pendidik, khususnya guru akan pentingnya membentuk karakter anak usia dini. Gambaran bentuk desain pengembangan pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran inovatif terdiri atas dua komponen yakni komponen filosofi model dan komponen pelaksanaan model. Komponen filosofi model meliputi rasionalitas, tujuan, peran guru dan dukungan sistem. Sementara komponen operasional model dijabarkan secara rinci pada semua jenis kegiatan dengan tema yang berbeda. Tingkat validitas isi dan kepraktisan Pengembangan Pengembangan Karakter Anak Usia Dini melalui pembelajaran inovatif di TK menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat dapat dinyatakan valid untuk digunakan. Maka, pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran inovatif memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan.

References

Arka, I. W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kompetensi. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 54–63. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.792.

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232. DOI: https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Dista, F. N. (2020). Manajemen Pendirian Taman Kanak-kanak (Studi Kasus di Tk Fastrack Funschool Yogyakarta). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 101–111. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.22582.

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2

Dwi pradipta, G. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292

Elisa, N. S., Hikmah, N., Turmuzi, M., & Arjudin, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 695–702. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.108. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.108

Fahmi, Syabrina, M., Sulistyowati, & Saudah. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931– 940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04

Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258

Lestari, N. P. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230

Margaretha, L., & Pura, D. N. (2019). Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 167. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9060

Mayasari, N., P, N. I., Novianti, D. E., Indriani, A., & Noeruddin, A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Geoboard Dalam Pembelajaran Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Segi Empat Dan Segitiga. J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 60. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.82. DOI: https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.82

Nurdin, N. (2021). Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the Self-Awareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457

Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049

Wahyuni, S., Reswita, R., & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2441. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441

Warsita, B. (2017). Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Kwangsan, 5(2), 77. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v5n2.p77--90

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam Prespektif Teori Belajar Kontruktivis. Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/632. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632

Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. , 4(1), . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Hartawan, I. M. (2022). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 93–98. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.45773

Issue

Section

Articles