Media Papan Pintar Angka Berbasis Animasi Untuk Stimulus Kognitif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134Keywords:
Papan Pintar Angka, Animasi, KognitifAbstract
Sebagian anak mengalami kesulitan dalam dalammemahami materi saat pembelajaran daring, sehingga siswa membutuhkan media untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menguji kelayakan media papan pintar angka berbasis animasi untuk stimulasi kognitif anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran pada uji kelayakan, 9 orang anak pada uji kelompok kecil dan 3 orang anak untuk uji perorangan. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Dengan instrument penelitian berupa instrument review ahli isi, instrumen review ahli desain pembelajaran, instrumen review ahli media pembelajaran, dan instrumen uji coba perorangan, kelompok kecil. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa kualitas: ahli isi pembelajaran dinilai layak sebesar 90,3% dengan kualifikasi sangat baik. ahli desain pembelajaran dinilai layak sebesar 90,6% dengan kualifikasi sangat baik. ahli media pembelajaran dinilai layak sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. uji coba perorangan dinilai layak sebesar 83% dengan kualifikasi baik. uji coba kelompok kecil dinilai layak sebesar 86,7% dengan kualifikasi baik. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media papan pintar angka berbasis animasi ini layak digunakan untuk stimulasi kemampuan kognitif anak usia dini. Media papan pintar yang dikembangkan dapat membuat pembelajaran lebih inovatif dan bervariasi, sehingga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi.
References
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Anggraini, V. (2021). Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Animasi Lagu Berbasis Tematik Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Kota Bukit Tinggi. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 106. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.7258
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Chentiya, C., & Zulminiati, Z. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33992. DOI: https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33992
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Familiani, N., & Suyadi, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 melalui APE Papan Angka pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 114–126. https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.114-126. DOI: https://doi.org/10.21274/martabat.2021.5.1.114-126
Fikri, M. T., & Hidayah. (2021). Pengaruh Blended Learning Berbasis Cooperative Learning Pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 66–81. https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.233. DOI: https://doi.org/10.32665/abata.v1i1.233
Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221. DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221
Hariyani, I. (2020). Pengembangan Media Taloka (Tali Lompat Angka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 49–59. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384
Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (PISA). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2). https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p63-70.2081.
Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98
Irawan, Y., Wulansari, & Edriyansyah. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android (Studi Kasus Di Paud Parahyangan). Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 30–34. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251. DOI: https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251
Jazariyah, J. (2019). Papan Huruf Flanel: Media Pembelajaran Keaksaran Awal Untuk Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5196. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5196
Koderi, K., Kuswanto, C. W., & Nuryati, S. (2021). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pengembangan Media Cube Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1834–1845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1824
Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela PLS, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205. DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Mukhlish Safitri, Intan Prastihastari Wijaya, & Dema Yulianto. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Melalui Media Telur Angka Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 26–32. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513
Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806. DOI: https://doi.org/10.24036/108806
Pratiwi, I., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11156. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11156
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362.
Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910
Sumarseh, S., & Suryana, D. (2021). Fun Cooking untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2061–2066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1936. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1936
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088. DOI: https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088
Tubagus Rahman, Nia Kurniasih, & Iis Aisyah. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Tabung Angka Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.253
Tubaus, R. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkankemampuan Kognitif (Berhitung) Pada Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116. DOI: https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.116
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831
Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500
Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55. https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Ayu Intan Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)