Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47346Keywords:
Video Animasi, Kognitif, BahasaAbstract
Sebagian anak-anak mengalami kesulitan dalam mengingat ataupun mengenal huruf dan angka. Hal ini dikarenakan cara penyampaian dan media yang digunakan masih kurang menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rancang bangun dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pengguna dan ahli ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, 3 orang anak untuk uji perorangan dan 5 orang anak untuk uji kelompok kecil pada kelompok A. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil uji kelayakan memperoleh hasil yaitu: ahli isi pembelajaran memperoleh 89,58% dengan kualifikasi baik, ahli desain pembelajaran memperoleh 90,00% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh 92,30% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh 95,83% dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok kecil 90,00%. Jadi dapat diambil kesimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis video animasi mengenal huruf dan angka ini layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan bahasa dalam kegiatan proses pembelajaran pada anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini adalah media ini dapat dijadikan solusi dari permasalahan terkait variasi pembelajaran.
References
Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380
Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640
Amalia, S., & Patiung, D. (2021). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598. DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598
Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582
Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 170. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.140
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Astuti, R. F., & Istiarini, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 31. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338
Bastian, A. B., & Suharni, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Gambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772
Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini melalui video animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99–106. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800.
Dewi, P. Y. P., Asril, N. M., & Handayani, D. A. P. (2021). Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 32. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35570
Habibah, I., & Nafiqoh, H. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(2), 159. https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10258. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v5i2.10258
Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Hariyani, I. (2020). Pengembangan Media Taloka (Tali Lompat Angka) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 49–59. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384. DOI: https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.384
Hersi, N., & Yulsyofriend, Y. (2021). Kegiatan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Painan. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 7–17. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33808. DOI: https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33808
Herwati, Y. (2019). Pengaruh Permainan Ludo Bergambar Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.358
Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating video animation from single still image in social media based on intelligent computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.102812
Irawan, Y., Wulansari, & Edriyansyah. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android (Studi Kasus Di Paud Parahyangan). Jurnal Ilmu Komputer, 11(1), 30–34. https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251. DOI: https://doi.org/10.33060/JIK/2022/Vol11.Iss1.251
Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial- Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) Di Kelompok B Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 83–101. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.282. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.282
Khadijah, K., Arlina, A., & Rahmadani, R. A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah. Jurnal Raudhah, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.939. DOI: https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.939
Luhulima, D., Degeng, I. N., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Karakter Mengampuni Berbasis Animasi untuk Anak Sekolah Minggu. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p110.
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Mukhlish Safitri, Intan Prastihastari Wijaya, & Dema Yulianto. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Melalui Media Telur Angka Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 26–32. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513. DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2513
Nurnamawi, E. K., & Rahim, E. R. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint Untuk Pelajaran IPA Bagi Siswa SMP Pada Materi Cahaya, Cermin, Dan Lensa. Jambura Physics Journal, 1(1), 24 – 40. https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2392. DOI: https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2392
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607. DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7607
Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing Picture Story Book Media for Building the Self-Awareness of Early Childhood Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.102
Ramli, C. P., & Zulminiati, Z. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Di Tk Pertiwi Iv Talawi. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 117–123. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33951. DOI: https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33951
Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750
Sari, N., & Fauziddin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Kelompok A1 Tk Bina Kasih. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1–10), 319–323. https://doi.org/10.7868/s0869565216210155. DOI: https://doi.org/10.7868/S0869565216210155
Sasongko, N. D. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan PAUD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 82. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3571. DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3571
Semara, T. A., & Agung, A. A. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104
Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.
Sukarini, K., Bagus, I., & Manuaba, S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Sukrin, S. (2021). Tahapan Kemampuan Pengembangan Kognitif Berbahasa Anak Usia Dini (4-5 Tahun). EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637. DOI: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.637
Sundari, S., & Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf, Angka, Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 4(1), 56. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204.
Susilawati, B., & Satriawan, D. (2018). Membangun Media Interaktif Belajar Anak Usia Dini Dalam Mengenal Huruf dan Angka. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i1.3059
Wahyuningsih, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf , Angka , Warna dan Bentuk Bangun Datar Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Parittiga Berbasis Android. Jurnal SISFOKOM, 04(1), 56–60. https://doi.org/https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204. DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i1.204
Windayana, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif, Kreatif, Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10492
Wouters, T., Soomers, J., Smink, M., A.Smitc, R., Plaisier, M., Houtermand, S., L.Bekkersa, R., & Angélique A.Schiffere Victor. (2019). The effect of an animation video on consultation time, anxiety and satisfaction in women with abnormal cervical cytology: Animation video reduces colposcopy time. Preventive Medicine Reports, 13, 238–243. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2019.01.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2019.01.005
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 I Gusti Agung Ayu Melia Swari, Didith Pramuditya Ambara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)