Program Pembelajaran Tematik Berbasis Tri Hita Karana Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Wayan Rasmini Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52258

Keywords:

Program Development, Thematic Learning, Tri Hita Karana

Abstract

Konsep tri hita karana mengajarkan anak untuk membina hubungan harmonis dengan tuhan, sesama manusia, dan lingkungan sekitar. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa implementasi tri hita karana belum dapat dilaksanakan dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan program pembelajaran tematik berbasis tri hita karana pada anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model Borg & Gall dan Dick and Carey yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi subjek sasaran. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 33 guru PAUD/TK. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dan instrument observasi, check list. Data yang diperoleh pada setiap langkah dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan program pembelajaran tematik berbasis tri hita karan pada anak usia dini memperoleh koefisien = 0,91 tergolong sangat relevan; langkah-langkah pembelajaran memperoleh koefisien validitas = 0,89 tergolong sangat relevan; pedoman asesmen dan kriteria penilaian memperoleh koefisien validitas = 0,88 tergolong sangat relevan; Hasil uji validitas pedoman RPP dengan koefisien validitas = 0,94 yang tergolong dalam kategori sangat relevan; Uji validitas empirik produk langkah-langkah pembelajaran dengan koefisien validitas = 0, 91 tergolong sangat relevan, uji validitas empirik produk rencana asesmen dan kriteria penilaian pembelajaran tematik dengan kofisien validitas = 0,88 tergolong sangat relevan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berbsis konsep tri hita karana valid dan empirik untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada anak usia dini karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Adijah, I., Sulaeman, O., & Solihin, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Gerakan Nasional Indonesia Membaca (Gnim) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 102–109. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/285.

Anisah, A. S., & Holis, A. (2020). Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 318. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005. DOI: https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005

Arta, K. J. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759

Asiyah, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. Journal of Basic Education Research, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.82. DOI: https://doi.org/10.37251/jber.v1i2.82

Assingkily, M. S., & Barus, U. S. (2019). Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar(Metodologi Dalam Islam). Nizhamiyah, 9(2). https://doi.org/10.30821/niz.v9i2.548. DOI: https://doi.org/10.30821/niz.v9i2.548

Borzekowski, D. L. G., Lando, A. L., Olsen, S. H., & Giffen, L. (2019). The Impact of an Educational Media Intervention to Support Children’s Early Learning in Rwanda. International Journal of Early Childhood, 51(1), 109–126. https://doi.org/10.1007/s13158-019-00237-4. DOI: https://doi.org/10.1007/s13158-019-00237-4

Isdaryanti, B., Rachman, M., Sukestiyarno, Y. L., Florentinus, T. S., & Widodo, W. (2018). Teachers’ performance in science learning management integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12887. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.12887

Karima, N., & Muryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Pada Era New Normal Di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Bayan Jorong Tabubaraie Nagari Paninjauan. Jurnal Golden Age, 5(02), 466–473. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3955.

Khairi, H. ziadatul. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87/91.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Latief, S. wahyuni. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92

Mertayasa, I. K. (2019). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Pendidikan Dan Budaya Hindu, 10(2), 60–80. https://doi.org/10.33363/ba.v10i2.373. DOI: https://doi.org/10.33363/ba.v10i1.165

Narayani, N. N. W., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785

Nisa, F., Gede Agung, A. A., & Tegeh, I. M. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Karakter Konservasi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 17. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633

Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Putra, I. P. D. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344

Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Widiastuti, Y. K. W., Mujiyati, S., & Agustina, P. (2022). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Integratif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pelatihan dan Pendampingan E-Learning. International Journal of Community Service Learning, 6(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41000. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41000

Rasmini, N. W. (2018). Pengasuhan Holistik Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Pada Keluarga Hindu. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Akreditasi Nasional, 12(1). https://doi.org/10.21009//JPUD.121.10. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.10

Sopacua, E. E. D., & Rahardjo, M. M. (2020). Persepsi Guru Senior Terhadap Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Salatiga. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 153–167. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1647. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1647

Sukrin, & Abdussahid. (2020). Metode Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i2.343. DOI: https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i2.343

Sulastri, N. M., & Hariyanti, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di Paud Taman Bangsa Gegutu. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2900. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2900

Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 332. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Widiasari, Y. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran di PAUD Gemilang. Khazanah Pendidikan, 11(1), 80–91. https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2312. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2312

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.

Wijanarti, W., Degeng, I. N. S., & Untari, S. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 393. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12161. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12161

Winaya, I. M. A., Yasa, I. M. D., & Wulandari, P. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas III SD. Jurnal Widyasrama, 31(1), 1–8. http://103.207.99.162/index.php/widyasrama/article /view/1097 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134

Yasa, I. W. P. (2020). Tri Hita Karana untuk Pencegahan COVID-19 di Bali. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7(1), 54. https://doi.org/10.24036/scs.v7i1.176. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v7i1.176

Yuliandari, N. K. (2020). Pendekatan Tri Hita Karana Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 118. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2346. DOI: https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2346

Yuliastri, N. A., & Ramdhani, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 44. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.898. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.898

Yuniarni, D. (2016). Peran PAUD Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489. DOI: https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Ni Wayan Rasmini. (2022). Program Pembelajaran Tematik Berbasis Tri Hita Karana Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 312–319. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52258

Issue

Section

Articles