Penyusunan Perangkat Pembelajaran Model Merdeka-Belajar Berorientasi Kearifan Lokal Untuk Mahasiswa Calon Guru PAUD
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52369Keywords:
Perangkat Pembelajaran, Merdeka Belajar, Kearifan lokalAbstract
Pembiasaan kepada para calon guru PAUD untuk selalu memasukan unsur kearifan lokal dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kaidah kurikulum merdeka belajar, sehingga internalisasi nilai luhurnya selalu melekat disetiap perkembangan AUD. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara penyusunan perangkat pembelajaran model merdeka belajar yang berorientasi pada karifan lokal untuk mahasiswa calon guru. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model Borg & Gall. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni mahasiswa calon PAUD. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan Survey kebutuhan awal, FGD, angket, dan self assessment. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan Teknik pengolahan data secara kualitatif untuk mendeskripsikan hasil dari FGD, quisioner hasil wawancara. Sedangkan pengolahan data kuantitatif untuk mendiskirpsikan hasil dari survey kebutuhan awal dan angket dengan skala Likert. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa uji skala luas prosentase ketercapaiannya adalah rata-rata 92%, yang menunjukkan bahwa pengembangan penyusunan perangkat pembelajaran model merdeka belajar berorientasi kearifan lokal untuk mahasiswa calon guru PAUD layak untuk dikembangkan dan dinyatakan valid oleh tiga validator serta efektif untuk diterapkan dengan hasil pada serta praktis digunakan.
References
Abdul, R. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonedia, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/eunoia.v2i1.1318.
Annafi, N., & Agustina, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mempersiapkan Calon Pendidik Yang Berbudaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/ 10.20527/quantum.v9i1.4854.
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Askodrina, H. (2022). Penguatan Kecerdasaan Perspektif Budaya Dan Kearifan Lokal. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 619–623. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52. DOI: https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52
Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298
Basri, H., Kurnadi, B., Syarifuddin, Tafriliyanto, C. F., & Nugroho, P. B. (2021). Investigasi Kemampuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 72–79. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318. DOI: https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318
Cindi, A. D. P., Evilia, R., & Rian, D. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir : Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–14. https://doi.org/ 10.22373/pjp.v5i2.3356.
Dela, K. A. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Pendidikan, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525.
Ermida, H. S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkankemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif, 5(1), 12–36. https://doi.org/10.24114/jpmi.v5i1.13520.
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414. DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Program Studi PendidikanMatematika, 7(2). https://doi.org/10.32528/gammath.v7i2.8439.
Hadi, L. (2022). Pro dan Kontra Kebijakan Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 6(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.4302861.
Hafid. (2020). Konsep Merdeka Belajar dan Pentingnya Kemampuan Memetakan Dunia Kerja. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 108–125. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.68.
Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150.
Jalaludin, J. (2021). Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Literasiologi, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i1.272. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i1.272
Jufrida, Dani, R., Basuki, F. R., & Astuti, S. R. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Materi Gelombang Bunyi Untuk Sma Kelas XI. Physics and Science Education Journal, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1271. DOI: https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1271
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2022). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679
Masitah, M. (2018). Development of Learning Devices to Facilitate Teachers Grow the Responsibility of Elementary School Students to the Flood Problem. Proceeding Biology Education Conference, 40–44. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/download/27670/19092.
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69–82. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Maya, D. K., & Rahayu, P. (2022). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa Dalam Menulis Artikel Opini. Pembelajaran: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 6(1), 29–33. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.21135. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.21135
Mazid, S., Prasetyo, D., & Farikah, F. (2020). nilai nilai kearifan lokal sebagai pembentuk karakter masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 249–262. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.34099. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.34099
Moh, Z. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. Al Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v4i1.2518.
Muhammad, Z. I. N., Dedi, K., Citra, K., & Fikri, A. (2021). Konsep Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Snastep: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1–9. https://www.uinjkt.ac.id/merdeka-belajar-dalam-perspektif-islam/.
Mursali, S., Siti, K. H., & Utami, S. D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.2
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nasution, A. G. J. (2022). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1). https://doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7921.
Ndiung, S., & Menggo, S. (2021). Pelatihan Penyusunan RPP Model 1 Lembar Versi Menteri Nadiem Bagi Guru Sekolah Dasar. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.2674. DOI: https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.2674
Nikat, R. F. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Teknologi Calon Guru Fisika Melalui Online Formative Assessment. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 112–122. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8739. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8739
Nona, R. V., Banda, F. L., Leha, E., Supardi, P. N., Meke, K. D. P., & Suryani, L. (2021). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdek. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 763–777. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1976. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1976
Nuraini, L. (2018). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4143. DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Nursalim, M. (2022). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar Bagi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.1234/pdabkin.v3i1.141.
Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2021). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218. DOI: https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218
Rinitami, N. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semaran. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.5.1.16-31. DOI: https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Riyanti, A., & Novitasari, N. (2021). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 3(1), 29–35. https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v3i1.37780
Sabriadi, H., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 174–185. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v11i2.2149.
Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Produ: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326. DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326
Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172
Sumiati, T., Majid, N. W. A., Motilal, C., & Jayanti, G. D. (2020). Penanaman nilai kearifan lokal dalam pembelajaran calon guru di LPTK Purwakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 9–21. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5333. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5333
Surahman, S., Rahmani, R., Radiana, U., & Saputra, A. I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 376–387. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.667. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.667
Susanti, Joni, S., Rochmawati, Irin, W., & Han, T. H. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru SMK Program Keahlian Akuntansi Di Bangkalan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 3(2), 244–261. https://doi.org/10.21009/JPMM.003.2.5.
Tono, S. N. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 250–261. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Weryani, W., Prasetyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 110–119. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1186
Zarkashi, R., Sri Dewi, R., Yamin, M., Samsiniwati, B. Y. S., Jannah, N., Mawardi, M., & Tahir, M. T. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Mengembangkan Kehidupan Sosial Religius Masyarakat Di Desa Beririjarak. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(01), 15–29. https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.201. DOI: https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.201
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 YURITA ERVIANA YURI, Bambang Sugiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)