Pembelajaran Sains Berbasis Kegiatan Bermain Kreatif di Lingkungan Lahan Basah untuk Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.52560Keywords:
Sains, Kecerdasan naturalistik, Lahan basah, Bermain kreatifAbstract
Kurangnya kegiatan belajar yang memberikan kesempatan anak untuk eksplorasi dan eksperimen dengan alam, menyebabkan pembelajaran menjadi kurang bermakna dan membosankan. Permasalahan ini juga berdampak pada kecerdasan naturalistik anak masih belum berkembang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran dan efektivitas pembelajaran berbasis kegiatan bermain kreatif di lingkungan lahan basah dalam mengembangkan kecerdasan naturalistik anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangan menggunakan model penelitian Borg & Gall. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 orang ahli Pendidikan dan praktisi di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, serta 15 anak kelompok B atau anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni lembar observasi dan lembar instrument. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif menggunakan tabel dan grafik. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis bermain kreatif di lingkungan lahan basah mampu mengembangkan kecerdasan naturalistik anak usia dini sebesar 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains berbasis bermain kreatif di lingkungan lahan basah mampu mengembangkan kecerdasan naturalistik anak usia dini.
References
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377.
Anjari, T. Y., & Purwanta, E. (2019). Effectiveness of the Application of Discovery Learning to the Naturalist Intelligence of Children About the Natural Environment in Children Aged 5-6 Years. Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education, 1(1), 356–359. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.65.
Aprilianti, R., & Septiani, S. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 5(2). https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3962.
Ariska, K. (2021). Pemanfaatan Bahan Bekas dengan Decoupage untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online Karin. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12481.
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1.
Faruq, A., & Subhi, M. R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.522.
Fitria, & Marlina, L. (2020). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Anak Usia Dini Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(3), 119–131. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v3i2.3790.
Fitriani, I. I., Oktavia, S., & Amalia, D. (2022). Pengaruh Permainan Eksplorasi Sains Terhadap Perilaku Saintifik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 23(1), 40–48. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4664.
Gumitri, A., & Suryana, D. (2022). Stimulasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Life Science. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3391–3398. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2334.
Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14.
Husin, S. H., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 581–595. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.780.
Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 30–38. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191.
Marli’ah, S. (2019). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Perkembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.15.
Mawaddah, S., Budiarti, I., & Aulia, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi Hots. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 14. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9750.
Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220–230. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.767.
Putri, Y. D., & Yetti, R. (2019). Kegiatan Senam Otak Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 12–17. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5366.
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21.
Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4 –5 Tahun Melalui Bermain Pasir. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24853/yby.2.1.67-82.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407.
Riawati, E., Mahluddin, & Rosadi, K. I. (2022). Penerapan Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini. Journal of Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.56436/jer.v1i2.141.
Ridho, M. H., Wati, M., Misbah, M., & Mahtari, S. (2020). Validitas Bahan Ajar Gerak Melingkar Berbasis Authentic Learning Di Lingkungan Lahan Basah Untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 87–98. https://doi.org/10.15575/jotalp.v5i2.8453.
Rocmah, L. I., & Sholihah, N. H. (2020). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1–8. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2510.
Rohenah, R., Rusdiyan, I., & Rosidah, L. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11568.
Rosandi, A. K. F. (2019). Pembelajaran Kapilaritas terhadap Pertumbuhan Tanaman untuk Melatih Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 88–112. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.79.
Rusdiyani, I., Rosidah, L., & Belakang, A. L. (2021). Meningkatkan kecerdasan naturalis melalui pembelajaran sains. Jurnal Untirta, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v8i1.11568.
Sari, A. Y., & Arumsari, A. D. (2019). Metode Eksperimen Media Air Untuk Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2605.
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394.
Saripudin, A. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Metode Discovery Inkuiri Pada Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), 3(1). https://doi.org/10.51529/ijiece.v3i1.99.
Sidabutar, R. R., & Siahaan, H. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.930.
Sinaga, R., & Timbange, Y. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Taman Kanak- Kanak Melalui Metode Project Based Learning. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1), 13–30. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.87.
Solliha, T., Siti, M., & Sapri, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Saintifik Terhadap Kecerdasan Naturalistik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Peduli Kasih Desa Laut Dendang. Jurnal Raudah, 7(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i1.468.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609.
Susmini, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Bermain Kreatif Berbasis Area. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 17–28. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-02.
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315.
Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 2(2). https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987.
Tabiin, A. (2020). Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(2), 36–49. https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i2.9903.
Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86.
Umaroh, F. L., & Putro, K. Z. (2021). Alat Bermain dan Bentuk Permainan Yang Merangsang Berkembangnya Kreativitas Pada Anak. Genius Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.35.
Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314.
Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158.
Yulianti, & Sulistyo, P. (2018). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru-Guru Paguyuban POS PAUD di Wilayah Tlogomas. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 239–245. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i1.2664.
Zahriani, N., & Sukiman, S. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Di TKIT Zia Salsabila Medan. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 88. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5880.
Zulkarnain, I., Hidayanto, T., & Riza, M. (2021). Pengembangan Media Simulatif “Travel Game” Konteks Lingkungan Lahan Basah Untuk Pembelajaran Matematika. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 91. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9784.
Zurqoni, Z., & Hariyanie, I. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Sains untuk Anak Usia Dini. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(2). https://doi.org/10.21093/sy.v6i2.1383.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Celia Cinantya, Maimunah Maimunah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)