PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI TK WARINGIN SARI

Authors

  • Ketut Yunita Oktaria Dewi .
  • Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd .
  • Mutiara Magta, S.Pd.,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak anak di dalam proses pembelajaran melalui media boneka jari dalam metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Waringin Sari Julah Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini melibatkan 16 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian tindakan kelas dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase kemampuan menyimak pada anak sebesar 22,4% yang tergolong pada kategori tinggi.
Kata Kunci : Metode bercerita, kemampuan menyimak, media boneka jari

This study aims is to know the improvement of listening skills of the children learning processed through finger puppet in storytelling methods for children 5-6 years old at TK Waringin Sari Julah in the academic year 2016/2017.This research subject involving 16 childrens. This research method is classroom action research. Class action research data collected by the method of observatio, interviews and documentation. The results of the analysis data using descriptive statistical analysis and quantitative statistical analysis methods. From the results is showed that an increase in the average percentage of listening skills in children at 22,4% which is classified in the high category.
keyword : listening skills, storytelling methods, finger puppet media

Published

2016-11-15

How to Cite

., K. Y. O. D., ., D. I. I. W. S., & ., M. M. S. (2016). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI TK WARINGIN SARI . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8896

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>