Pengaruh Penggunaan Model Teams-Games-Tournaments Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Pengolahan dan Penyajian Makanan di SMK Negeri 2 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpkk.v8i2.15995Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model teams-gamestournaments terhadap pengetahuan siswa tentang Pengolahan dan Penyajian Makanan di SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain ‟PretestPostest, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI tata boga di SMK Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling, pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode pretest dan posttest. Data dari nilai pretest dan posttest pengetahuan belajar dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Data diperoleh nilai-nilai signifikan α = 0,05, (thitung>ttabel) (3,60>1,99) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan belajar siswa yang menggunakan model teams-games-tournaments (TGT) dengan siswa yang belajar dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 85,63 lebih besar dibandingkan kelas kontrol sebesar 78,44.Kata Kunci : pengetahuan siswa, pengolahan dan penyajian makanan, teams-games-tournaments
This study aimed to find out the effect of Teams-Games-Tournaments model towards the students‟ knowledge about Processing and Serving the Food in SMK Negeri 2 Singaraja. The research design was quasi-experimental design in form of Pretest-Post-test and Nonequivalent Control Groups Design. The population of this research was conduct in Nine Grade Gastronomy Students of SMK Negeri 2 Singaraja in 2018/2019 school year. The sample was determine by using random sampling technique and the method of data collection were pretest and post-test. The data of pre-test and posttest scores were analyze by using t-test. Data it is gained the significance value = 0,05, (tcount > ttable) namely (3,60>1,99) which means H0 is rejected and Ha is accepted. The result was the significance distinction between the students‟ knowledge that given namely Teams-Games-Tournaments (TGT) model and the control class. Based on descriptive statistic analysis, it is gained the average scores in experimental class was 85,63 and control class was 78,44, which experimental class was more higher than the control class
keyword : students' knowledge, processing and serving the food, teams-games-tournaments
Published
2018-11-05
Issue
Section
Articles
License
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.