Pengembangan Modul Pembuatan Hiasan Busana Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 2 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppkk.v13i1.40435Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil pengembangan modul pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik, 2) Kelayakan isi modul pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 2 Singaraja dilihat dari kelayakan materi dan kelayakan media. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang dicetuskan oleh Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti yang terdiri dari 3 tahap yaitu: analisis kebutuhan produk, mengembangkan produk awal dan validasi ahli beserta revisi. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini berupa: 1) Modul pembelajaran pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI Tata Busana, 2) Modul yang sangat layak digunakan baik dari segi materi maupun tampilan modul. Kelayakan modul pembelajaran pembuatan hiasan busana berbasis pendekatan saintifik berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 91,6% atau terdapat dalam kategori sangat layak untuk digunakan dan penilaian ahli media sebesar 95,4% atau terdapat dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Ini berarti bahwa modul pembuatan hiasan busana berbasis saintifik untuk siswa kelas XI Tata Busana sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa di SMK Negeri 2 Singaraja.
Kata Kunci
:
Bahan ajar, Saintifik, Modul pembelajaran, Pembuatan hiasan busana.
References
Alfath, K. dan F. F. R. 2019. Teknik Pengolahan Hasil Assesment: Teknik Pengolahan dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan. 8, 1–28.
Budiarta, I. 2013. Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asrama Melalui Taxonomi Tri Kaya Parisudha salam PKN Univesitas Pendidikan Indonesia. 50–73. http://repository.upi.edu/556/6/T_PKN_1103889_CHAPTER 3.pdf
Hananingsih, W., & Imran, A. 2020. Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.36312/jupe.v5i6.1593
Setiyadi, M. W., Ismail, H. A. G. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 104.
Mulyasa, H. . 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Pangesti, A. D. 2019. Research and Development: Penelitian yang Produktif Dalam Dunia Pendidikan. Researchgate, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28521.44640
Rahayu, P., & Dkk. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Saintifik Dengan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Basa Sunda Kelas Iii Sd/Mi. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 116–127.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilo, A., Siswandari, & Bandi. 2016. Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56.
Ulandari, F. S., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Harmonis Di Sman Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7220
Yunus, S. 2018. Mengkritisi Kualitas Guru. https://mediaindonesia.com/opini/200182/mengkritisi-kualitas-guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.