Pengembangan Media Promosi Daya Tarik Wisata Brahma Vihara Arama

Penulis

  • Kadek Dedi Ariawan Ganesha University of Education
  • Damiati Damiati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Putu Hemy Ekayani Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media berupa video promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama serta uji coba kelayakan media yang telah dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengemabangan (Research & Development) dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket. Hasil penelitian dengan model ADDIE (AnalysisDesignDevelopmentImplementation, dan Evaluation) adalah video promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama. Video sebagai produk pengembangan dikaji oleh 2 judgment ahli, yaitu ahli isi & ahli media. Ahli isi menyatakan bahwa video “Sangat Layak” sebagai media promosi daya tarik wisata, sedangkan ahli media menyatakan bahwa video promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama “Layak” digunakan sebagai media promosi. Uji kelayakan video dilakukan oleh 60 orang siswa SMK bidang keahlian pariwisata. Hasil penilaian responden siswa menyatakan bahwa video yang dikembangkan “Sangat Layak” sebagai media promosi daya tarik wisata Brahma Vihara Arama.

Biografi Penulis

Kadek Dedi Ariawan, Ganesha University of Education

Fakultas Teknik dan Kejuruan

Diterbitkan

2022-07-31

Terbitan

Bagian

Articles