PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER JUJUR

Authors

  • T Heru Nurgiansah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Yogyakarta e-mail: nurgiansah@upy.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424

Abstract

Kejujuran pada zaman sekarang semakin memprihatinkan. Tindakan mencontek, melanggar peraturan lalu lintas, perilaku korupsi, merupakan sebagian tindakan yang terjadi karena hilangnya nilai kejujuran. Berbohong menjadi perilaku yang biasa-biasa saja. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter jujur melalui Pendidikan Pancasila. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini merupakan salah satu pelajaran yang menekankan pada perilaku jujur. Penelitian dilaksanakan di kelas X Sekolah Menengah Atas PGRI 1 Kasihan Bantul Yogyakarta dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi langsung, wawancara terhadap guru dan siswa, dokumentasi berupa gambar, dan literasi berdasarkan artikel ilmiah yang relavan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran Pendidikan Pancasila berhasil membentuk karakter jujur siswa dibandingkan dengan keberadaan Kantin Kejujuran. Perilaku jujur siswa sejalan dengan muatan materi dalam mata pelajaran ini yakni tentang nilai dan norma.

Kata Kunci: Pendidikan Pancasila; Karakter Jujur;

References

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Arianto, J. (2017). Pengaruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Jujur Mahasiswa Universitas Riau. Jurnal Persfektif Pendidikan Dan Keguruan, 8(1), 90– 102.

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1–6.

Dharma, S., & Siregar, R. (2014). Internalisasi Karakter Melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 132–137.

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1–15.

Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223–236.

Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 338–347.

Jailani, A., Rochman, C., & Nurmala, N. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264.

Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Jujur, Disilin, dan Bertanggung Jawab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994

Lestari, S., & Asyanti, S. (2015). Apakah Siswa SMP Berperilaku Jujur Dalam Situasi Ulangan. The 2nd University Research Coloquium, 351–357.

Nugraha, D. M., Sapriya, & Rahmat. (2019). Kajian Tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik Sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) di SMA Alfa Cantauri Bandung. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220–232.

Nurani, A. C. (2016). Membaca Cerita Fabel Sebagai Penanaman Karakter Jujur Pada Siswa SMP. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 1(1), 1–9.

Nurgiansah, T. H. (2020). Build An Attitude of Nationalism Students At SDN 7 KADIPATEN With The Method of Discusion In The Subject PPKn. Jurnal Serunai Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan STKIP Budi Daya Binjai, 9(1), 1–11.

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi Universitas Muhammadiyah Makasar, 5(2), 110–121.

Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12.

Royani, M. (2014). Karakter Jujur Dalam Pembelajaran Statidtik. Jurnal Antasari, 1(2), 1–16. Sayektiningsih, Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah

Klaten. Jurnal Managemen Pendidikan, 12(2), 228–238.

Shofiyah, N., & Yonata, B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Yipe Think Pair Share

(TPS) Untuk Melatih Karakter Jujur, Tanggung JAwab, dan Berani Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas X SMA Negeri Plumpang pada Materi Alkana, Alkena, dan Alkuna. Unesa Journal of Chemical Education, 2(3), 42–48.

Downloads

Published

2021-11-14