PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER JUJUR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424Abstrak
Kejujuran pada zaman sekarang semakin memprihatinkan. Tindakan mencontek, melanggar peraturan lalu lintas, perilaku korupsi, merupakan sebagian tindakan yang terjadi karena hilangnya nilai kejujuran. Berbohong menjadi perilaku yang biasa-biasa saja. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter jujur melalui Pendidikan Pancasila. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini merupakan salah satu pelajaran yang menekankan pada perilaku jujur. Penelitian dilaksanakan di kelas X Sekolah Menengah Atas PGRI 1 Kasihan Bantul Yogyakarta dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi langsung, wawancara terhadap guru dan siswa, dokumentasi berupa gambar, dan literasi berdasarkan artikel ilmiah yang relavan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pelajaran Pendidikan Pancasila berhasil membentuk karakter jujur siswa dibandingkan dengan keberadaan Kantin Kejujuran. Perilaku jujur siswa sejalan dengan muatan materi dalam mata pelajaran ini yakni tentang nilai dan norma.
Kata Kunci: Pendidikan Pancasila; Karakter Jujur;
Referensi
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.
Arianto, J. (2017). Pengaruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Jujur Mahasiswa Universitas Riau. Jurnal Persfektif Pendidikan Dan Keguruan, 8(1), 90– 102.
Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1–6.
Dharma, S., & Siregar, R. (2014). Internalisasi Karakter Melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 132–137.
Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1–15.
Herawan, K. D., & Sudarsana, I. K. (2017). Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 223–236.
Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 338–347.
Jailani, A., Rochman, C., & Nurmala, N. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264.
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Jujur, Disilin, dan Bertanggung Jawab pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 160–171. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994
Lestari, S., & Asyanti, S. (2015). Apakah Siswa SMP Berperilaku Jujur Dalam Situasi Ulangan. The 2nd University Research Coloquium, 351–357.
Nugraha, D. M., Sapriya, & Rahmat. (2019). Kajian Tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik Sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) di SMA Alfa Cantauri Bandung. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220–232.
Nurani, A. C. (2016). Membaca Cerita Fabel Sebagai Penanaman Karakter Jujur Pada Siswa SMP. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 1(1), 1–9.
Nurgiansah, T. H. (2020). Build An Attitude of Nationalism Students At SDN 7 KADIPATEN With The Method of Discusion In The Subject PPKn. Jurnal Serunai Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan STKIP Budi Daya Binjai, 9(1), 1–11.
Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi Universitas Muhammadiyah Makasar, 5(2), 110–121.
Nurgiansah, T. H., & Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa PPKn UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pasundan, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12.
Royani, M. (2014). Karakter Jujur Dalam Pembelajaran Statidtik. Jurnal Antasari, 1(2), 1–16. Sayektiningsih, Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Klaten. Jurnal Managemen Pendidikan, 12(2), 228–238.
Shofiyah, N., & Yonata, B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Yipe Think Pair Share
(TPS) Untuk Melatih Karakter Jujur, Tanggung JAwab, dan Berani Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas X SMA Negeri Plumpang pada Materi Alkana, Alkena, dan Alkuna. Unesa Journal of Chemical Education, 2(3), 42–48.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)