STUDI KOMPARATIF TENTANG PERBEDAAN KINERJA GURU PKN PNS DENGAN NON PNS (Studi pada SMP di Kota Singaraja)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22063Abstrak
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitaf. Tujuan penulis adalah (1) untuk mengetahui kinerja guru PKn PNS di SMP kota singaraja. (2) untuk mengetahui kinerja guru PKn Non PNS di SMP kota singaraja. (3) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kinerja guru PKn PNS dengan Non PNS di SMP kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan satu Variabel yaitu kinerja guru PKn dan dua subjek (PNS dengan Non PNS). Populasi penelitiannya adalah seluruh guru PKn PNS Dan Non PNS di SMP kota singaraja yang berjumlah 50 guru. Sampel penelitian menggunakan tabel penentuan dari Krejcie dan Morgan. Untuk jumlah populasi sebanyak 50 guru, jadi sampelnya yaitu 44 guru yang terdiri dari 22 guru PNS dan 22 guru Non PNS. Teknik yang digunakan adalah purposive, stratified Proporsional Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara penelitian lapangan, yaitu terjun langsung ke lokasi penelitian dengan prosedur pengedaran soal tes Uji Kompetensi Guru PKn dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja guru PKn PNS di SMP kota Singaraja adalah kinerja yang baik terkait dengan perencanaan program kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran. (2) kinerja guru PKn non PNS di SMP kota Singaraja adalah kinerja yang baik terkait dengan perencanaan program kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran, (3) terdapat sedikit perbedaan
yang signifikan jika hasil data di analisis menggunakan Uji-t dengan perolehan nilai adalah 2,348 sedangkan dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 42 adalah 2,021. Dengan demikian
lebih besar dari pada = 2,348 > 2,021 maka, ditolak dan diterima. Kata kunci : Kinerja Guru PKn, PNS, Honorer (Non PNS)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)