IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIIIA SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v7i1.22079Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pkn siswa kelas VIIIA semester 2 SMP Negeri 1 Pekutatan tahun ajaran 2013/2014, (2) pendapat siswa terhadap penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBI) dalam pembelajaran Pkn. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitiannya berjumlah 32 siswa. Objek penelitiannya adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dua siklus tindakan, dengan masing-masing 3 kali tatap muka. Adapun tahapan masing-masing siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan pedoman observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang meliputi jenjang kognitif, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditunjukkan bahwa aktivitas belajar PKn siswa terjadi peningkatan dengan rerataan sebesar 25,1 dikategorikan Aktif pada siklus I, menjadi 27,5 dikategorikan Sangat Aktif pada siklus II. Hasil belajar PKn siswa juga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan rerata 73,3 dikategorikan Cukup menjadi 79,7 dikategorikan Baik. Perolehan nilai tertinggi 80 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II. Perolehan nilai terendah 60 pada siklus I menjadi 65 pada siklus II. Daya serap siswa pada siklus I sebesar 73,3% dikategorikan Kurang menjadi 79,7% dikategorikan Baik pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,9% dikategorikan Belum Tuntas, menjadi 96,9% dikategorikan Tuntas pada siklus II.
Kata Kunci:, Model pembelajaran berdasarkan masalah, ,aktivitas belajar dan hasil belajar PKn
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)