EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PPKN PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN BUSUNGBIU

Penulis

  • I Gede Angga Supriana Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Sukadi Sukadi Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Nengah Suastika Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23548

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi dengan model CIPP. Tempat dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kecamatan busungbiu yang melaksanakan kurikulum 2013, yaitu SMA Negeri 1 Busungbiu dan SMA Negeri 2 Busungbiu dan Sampel dalam penelitian ini adalah dua orang kepala sekolah dan dua orang guru PPKn SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu. Berdasarkan instrumen evaluasi dari Kemendikbud, sampelsiswa diambil 5 orang dari masing-masing sekolah sehingga sampel siswaberjumlah 10 orang dengan menggunakan undian.Instrumen penelitian berupa kuisioner, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah Statistik Deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran PPKn pada SMA Negeri di Kecamatan Busungbiu terkualifikasi efektif.

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pelajaran PPKn.

Biografi Penulis

I Gede Angga Supriana, Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Sukadi Sukadi, Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

I Nengah Suastika, Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan IPS Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Referensi

Alfi Nur Bayti. 2013. Evaluasi Terhadap Proyek Media Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas XII Jurusan MultimediaDi Smk Negeri 11 Semarang.

Semarang : lib.unnes.ac.id Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

PT Bumi Aksara

Ermawati, 2016.Implementasi

Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bantul.Jurnal CARAKA,V olume 3 (1) Edisi Desember 2016

Hamalik. 1994. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi

aksara

Hari Setiadi, 2016. Pelaksanaan

Penilaian Pada Kurikulum 2013.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan V olume 20 (2), Desember 2016 (166- 178)

Kusyamto, 2014. Studi Analisis Kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 1 juli 2018.

https://bdksemarang.kemenag

Mulyasa,

.go.id/studi-analisis- kurikulum-2013/

E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riduan.(2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti

Pemula.Bandung: Alfabeta Sofan A. 2013.Pengembangan dan Model Pembelajaran dan Kurikulum 2013. Jakarta:

Prestasi Pustakarya

Sukadi, 2017:2. Visi, Misi dan Tujuan

PPKN K13 menurut CICED ( Center for Indonesia Civic Education). Singaraja : UNDIKSHA

Wijayanti. (2009). Penerapan Lesson Study dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XII program IPS di SMA Lab Universitas Negeri Malang. Malang, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Diterbitkan

2020-04-13