PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP DHARMA PRAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v8i1.23948Abstrak
Penelitian penerapan gerakan literasi sekolah di SMP Dharma Praja ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang dilakukan kepala sekolah dalam gerakan literasi sekolah, untuk mengetahui pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang dilakukan, kendala dan maanfaat dilakukannya gerakan literasi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner dalam pengumpulan datanya. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Dharma Praja, siswa, guru, dan pegawai perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan yang dilakukan kepala sekolah yaitu dengan melaksanakan literasi 15 menit yang dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran, pojok baca, literasi dilakukan diseluruh mata pelajaran dengan melibatkan guru dan murid. Pelaksanaan gerakan 15 menit yaitu dengan mengisi jurnal pribadi, membaca, dan jurnal tagihan. Kendala dalam gerakan literasi sekolah: siswa merasa bosan karena setiap hari harus membaca, sebagian buku yang dibawa siswa dalam pojok baca ceritanya kurang menarik, cerita yang dibaca siswa belum terbaca semua tetapi waktu sudah habis sehingga siswa terburu-buru dalam mengisi jurnal tagihan. Manfaat gerakan literasi sekolah diantaranya : literasi dapat membantu siswa untuk tidak malas membaca, siswa terlatih untuk membaca cerita yang panjang, sehingga jika berhadapan dengan soal cerita siswa sudah terbiasa, pengetahuan siswa semakin bertambah, siswa semakin aktif dikelas.
Kata kunci : literasi, gerakan literasi sekolah
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)