PERAN PEMBIMBING KEMASYARAKATAN SEBAGAI MEDIATOR DALAM PROSES DIVERSI ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v10i1.42705Abstrak
Pembimbing Kemasyarakatan mempunyai peran dan fungsi dalam melakukan diversi terhadap Anak yang berhadapan dengan hukum, salah satu peran Pembimbing Kemasyarakatan dalam melaksanakan diversi, yaitu sebagai mediator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Pembimbing Kemasyarakatan sebagai mediator dalam pelaksanaan diversi terhadap Anak yang berhadapan dengan hukum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembimbing kemasyarakatan sebagai mediator harus dapat bertindak adil terhadap pelaksanaan diversi yang artinya tidak berpihak kepada siapapun, kemudian Pembimbing Kemasyarakatan harus memiliki keterampilan untuk dapat memudahkan dalam melaksanakan proses upaya diversi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)