Bingkai Halal dan Non Halal: Studi Kasus Penerapan Halal Food di Restoran Spice Beach Club Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i2.22092Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyimpanan bahan halal dan nonhalal di Spice Beach Club Bali serta mengetahui eksistensi hidangan halal di Spice Beach Club Bali. Penelitian ini adalah penelitian desktiptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Dalam penyimpanan bahan halal dan non halal dilakukan dalam satu tempat dan setiap bahan akan dijadikan satu wadah menurut jenis dan kategori bahan tersebut, 2) Eksistensi hidangan halal di Spice Beach Club Bali disukai oleh para tamu. Ini bisa dilihat dari pemesanan terhadap hidangan halal sekitar 91,7%. Jika dilihat, sebagian besar menu makanan dari Spice Beach Club Bali merupakan hidangan halal. Kata Kunci : Penyimpanan, Halal, Non-Halal dan Eksistemsi.
Abstract
This study aims to find out how to store halal and nonhalal ingredients at Spice Beach Club Bali and also to find out the existence of halal dishes at Spice Beach Club Bali. This research is a qualitative descriptive study. This research is a qualitative descriptive study. These results indicate that 1) in storing halal and nonhalal ingredient in one place and each ingredient will be made into one container according to the type and category of said ingredient, 2) approximately 91,7% restaurant customer order halal dishes. Most food menus from the Spice Beach Club Bali are halal dishes. Keywords : Storage, Halal, Non-Halal and Existence.
Referensi
Achyar, Mahmud. 2015. “Indonesia Sebagai Tujuan Halal Tourism”. Tersedia pada https://achyar89.wordpress.com/2015/07/01/indonesia-sebagai-tujuan-halaltourism/ (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:31 wita).
Afroniyati, Lies.2014. “Analisis Ekonomi Politik Sertifikasi Halal Oleh Majelis Ulama Indonesia”. Tersedia pada https://journal.ugm.ac.id/jkap/article/view/6870 (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 02:47 wita).
Bahruddin, Moh.2010. “Problem Sertifikasi Halal Produk Pangan Hewani”. Tersedia pada http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/asas/article/view/440 (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:43 wita).
Bartono dan Ruffino. 2005. Food Product Management di Hotel dan Restoran. Yogjakarta: Penerbit Andi.
Chairunnisyah, Sheilla. 2017. “Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Menerbitkan Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Kosmetika”. Tersedia pada http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/1251 (diakses tanggal 10 April 2019 pukul 22:50 wita).
Charity, Lim, May. 2017. “Jaminan Produk Halal Di Indonesia (Halal Products Guarantee In Indonesia)”. Tersedia pada http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/jurnal/index.php/jli/article/view/26 (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:39 wita).
Hari Minantyo. (2011). Dasar-dasar Pengolahan Makanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jingga, Fredy dan Limantara, Natalia. 2014. “Pembangunan Model Restaurant Management System”. Tersedia pada http://journal.binus.ac.idindex.phpcomtecharticleview2348 (diakses tanggal 10 April 2019 pukul 22:30 wita).
Mujiono, Slamet. 2016. “Perlindungan Konsumen : Regulasi Bisnis”. Tersedia pada https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/5 (diakses tanggal 10 April 2019 pukul 23:15 wita).
Rama, Ali. 2014.” Potensi Pasar Produk Halal Dunia”. Tersedia pada https://www.academia.edu/10449487/Potensi_Pasar_Produk_Halal_Dunia (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:34 wita).
Rutherford, D.G., dan O’Fallon, M.J. (2010). Hotel Managment and Operations. (5th Edition). New Jersey: John Wiley and Sons, Inc.
Sakti, Muthia, dkk. 2015. “Perlindungan Konsumen Terhadap Beredarnya Makanan Yang Tidak Bersertifikat Halal”. Tersedia pada https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/Yuridis/article/viewFile/161/133
(diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:49 wita).
Salehudin, I. dan Mukhlish, B.M. 2012. “Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi dan Temuan di Lapangan”. Tersedia pada https://www.academia.edu/4060597/Pemasaran_Halal_Konsep_Implikasi_dan_Temuan _di_Lapangan (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:42 wita).
Salusu, J. 2006. Pengambilan Keputusan Strategic Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo Gramedia Widia Sarana Indonesia
Santoso, Imam. 2016. “Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen”. Tersedia pada https://www.neliti.com/id/publications/115805/peran-kualitas-produk-dan-layanan-hargadan-atmosfer-rumah-makan-cepat-saji-terh (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:37 wita).
Saparinto, C. dan Hidayati. 2010. Bahan Tambahan Pangan. Yogyakarta. Kanisius.
Soekresno. 2001. Manajemen Food & Beverage Service Hotel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Sucipto, Cecep Dani. 2015. Keamanan Pangan Untuk Kesehatan Manusia. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Syafrida.2016. “Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-Hak Konsumen Muslim”. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/135011-ID-sertifikat-halal-pada-produkmakanan-dan.pdf (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 02:35 wita).
Triasih, Dharu, dkk. 2016. “ Kajian Tentang Perlindungan Hukum bagi Konsumen Terhadap Produk Makanan Bersertifikat Halal”. Tersedia pada http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb/article/download/571/382 (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:46 wita).
Walker, Bruce J. 2004. Marketing 13th Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Winartha, I Made, 2006. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Andi Offset, Yogyakarta.
www.google.com. 2019. “Peta Spice Beach Club”. Tersedia pada https://www.google.com/maps/place/Spice+Beach+Club+Bali/@8.3461658,114.8619909,10z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0x5888394ed5070ae0!8m2!3d8.164021!4d115.020793
Zulaekah, Siti dan Kusumawati, Yuli. 2005. “Halal Dan Haram Makanan Dalam Islam”. Tersedia pada https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/856 (diakses tanggal 11 April 2019 pukul 01:21 wita).