Vol 7 No 2 (2024)

					Lihat Vol 7 No 2 (2024)

Kata Pengantar

 

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya, Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (JMPP) Volume 7, Issue 2, Tahun 2024 dapat diterbitkan tepat waktu. Pada edisi kali ini, kami dengan bangga menyajikan berbagai artikel ilmiah yang berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu manajemen pariwisata, perhotelan, dan bidang-bidang terkait lainnya.

 

Dalam edisi ini, pembaca akan menemukan kajian yang mendalam tentang berbagai topik strategis. Artikel "Optimalisasi Promosi dan Manajerial di Kampung Wisata Pelangi Kota Semarang" memberikan wawasan tentang pentingnya strategi promosi dalam pengelolaan destinasi wisata. Sementara itu, artikel lain seperti "Pengaruh Komponen 6A terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta" dan "Analisis Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus Pada The Body Shop Indonesia" menyoroti faktor-faktor penting yang memengaruhi pengalaman dan loyalitas pelanggan di sektor pariwisata dan retail.

 

Isu kinerja karyawan di sektor perhotelan juga menjadi perhatian dengan adanya artikel "Analisis Faktor Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel AONE Jakarta" dan "Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan di Grand Rocky Hotel Bukittinggi". Selain itu, penelitian tentang kompetensi bahasa asing di dunia perhotelan disajikan dalam artikel "Persepsi Staf Front Office Terhadap Penguasaan Bahasa Prancis Sebagai Penunjang Pelayanan di Hotel Claro Kendari".

 

Kami juga menghadirkan kajian tentang preferensi konsumen Muslim di industri makanan dan minuman dalam artikel "Pengaruh Konsep 'No Pork No Lard' Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Jakarta: Studi Kasus Pada Haidilao Gandaria City Jakarta". Sektor pariwisata pasca-pandemi Covid-19 menjadi fokus dari artikel "Pengaruh Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Angka Kunjungan melalui Citra Destinasi Jungleland Pasca Pandemi Covid-19".

 

Kami berharap berbagai kajian yang kami sajikan dalam edisi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan di bidang manajemen pariwisata, perhotelan, dan industri terkait. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh penulis yang telah berkontribusi, serta kepada para mitra bestari yang telah memberikan masukan berharga untuk menjaga kualitas artikel yang diterbitkan.

 

Akhir kata, kami berharap JMPP dapat terus menjadi wadah yang relevan dan berkualitas bagi perkembangan ilmu manajemen pariwisata dan perhotelan. Semoga edisi ini menginspirasi penelitian-penelitian selanjutnya dan memperkuat kolaborasi antara akademisi dan praktisi di bidang ini.

 

Selamat membaca.

 

Singaraja, Agustus 2024

A.A. Ngurah Yudha Martin Mahardika

Editor in Chief 

Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (JMPP)

Diterbitkan: 2024-08-25

Articles

  • PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ARENA BALI

    Ni Kadek Wiwik Pratiwi, Made Amanda Dewanti
    158-167
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.78577
  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS KAMAR HOTEL UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN TAMU DALAM ASIALINK HOTEL BATAM BY PRASANTHY

    Naomi Lasro Cahyani, Devid Trinaldo Simatupang, Nensi Lapotulo, Okki Kurnia
    168-176
  • PERSEPSI STAF FRONT OFFICE TERHADAP PENGUASAAN BAHASA PRANCIS SEBAGAI PENUNJANG PELAYANAN DI HOTEL CLARO KENDARI

    Hasna Nur Ihsani Putri, Iim Siti Karimah, Farida Amalia
    1-8
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.83957
  • STUDI POTENSI KAWA DAUN SEBAGAI DESTINASI WISATA KULINER DI NAGARI PARIANGAN (DESA TERINDAH) KABUPATEN TANAH DATAR

    Harry Yulianda
    9-14
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.82189
  • STRATEGI PEMASARAN PADA FOOD AND BEVERAGE SERVICE DEPARTMENT HOTEL BANYUALIT SPA ‘N RESORT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

    Kadek Indri Restika Dewi, Ni Luh Henny Andayani
    15-23
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.80426
  • PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MIXUE DI KINTAMANI

    I Gede Alit Widiana, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi
    24-33
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.78216
  • PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEM CHICKS PIK

    Laura Aurelia
    34-46
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.79469
  • Wellness Tourism : Profil dan karakteristik Spa di Kawasan Wisata Ubud, Gianyar

    Dewa Kiskenda, Agus Trimandala, Wahyu Wiradinata
    47-55
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.82789
  • Optimalisasi Promosi dan Manajerial di Kampung Wisata Pelangi Kota Semarang

    Dhania Febri Rizkiyanti, Primantoro Nur Vitrianto, Damiasih
    56-63
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.78580
  • PENGARUH KOMPONEN 6A TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN FATAHILLAH KOTA TUA JAKARTA

    Eric Julianto, Vishnuvardhana Sahishnu Soeprapto, Safrizal Ardana Ardiyansa
    64-74
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.70192
  • ANALISIS PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN: STUDI KASUS PADA THE BODY SHOP INDONESIA

    Febryola Indra, Ira B. Hubner, Amanda Adi, Evelyn Himawan, Michelle Min Chen
    74-80
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.81547
  • ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOTEL AONE JAKARTA

    Hari Iskandar
    81-93
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.78372
  • PENGARUH KONSEP "NO PORK NO LARD" TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM JAKARTA STUDI KASUS PADA HAIDILAO GANDARIA CITY JAKARTA

    Malahayati Hazimah, Yovita, Yushimita
    94-103
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84057
  • PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN ANGKA KUNJUNGAN MELALUI CITRA DESTINASI JUNGLELAND PASCA PANDEMI COVID 19

    Nikolas Natalio Grattius Cahyosusatyo, Rini Kartika Hudiono
    104-112
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.80742
  • PENGARUH KEPERCAYAAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA KAMAR MENGGUNAKAN ONLINE TRAVEL AGENT DI HOTEL PANGERAN BEACH PADANG

    Putri Astri Rangkuti, Pasaribu
    113-117
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84019
  • PERAN EVENT HOTEL PENDIDIKAN POLIWANGI JINGGO DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MAHASISWA PARIWISATA SEBAGAI CALON SDM PERHOTELAN

    Reni Nur Jannah, Adetiya Prananda Putra, Dwi Rahmayana Putri
    118-125
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.83975
  • PENELUSURAN POTENSI DAYA TARIK WISATA DI KAWASAN BOROBUDUR DENGAN PENERAPAN KONSEP PARIWISATA NICHE DAN ALTERNATIF

    Aditya Rizki Rinaldi
    126-139
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84382
  • PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN DI GRAND ROCKY HOTEL BUKITTINGGI

    Syatila Hilya, Feri Ferdian
    140-149
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.83630
  • PENGARUH SERVICESCAPE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN EMOSIONAL PELANGGAN DI KEDAI CISANGKUY PADANG

    Tara Utari, Pasaribu
    150-157
    DOI: https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84064