Media Pop-Up Book Berbantuan QR Code Pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Penulis

  • Ni Putu Candra Hiranmayena Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46549

Kata Kunci:

pop-up book, QR Code

Abstrak

Penggunaan dan pengembangan media pembelajaran belum berjalan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal ini menjadi permasalahan yang cukup serius dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan kepraktisan media pop-up book pada tema 8 subtema 3 kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah media pop-up book pada tema 8 subtema 3. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas media pop-up book yang dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu melibatkan 4 ahli materi, 2 ahli media, dan 2 ahli praktisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Instrumen yang digunakan mengukur validitas media adalah rating scale yang telah teruji oleh judges. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media pop-up book. Nilai rata-rata validitas media pop-up book adalah 4.7, rata-rata validasi materi menunjukkan skor 4,9, dan rata-rata hasil analisis dari ahli praktisi sebesar 4,9 dengan kualifikasi sangat baik. Implikasi dalam penelitian pengembangan ini yaitu adanya media pop-up book berbantuan QR Code pada pada Tema 8 Subtema 3 kelas II sekolah dasar dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan pada tema 8 subtema 3 dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar.

Referensi

Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru Dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056

Ahmadia, F., Fakhruddinb, Trimurtinic, & Khasanahd, K. (2018). The Development Of Pop-Up Book Media To Improve 4th Grade Students’ Learning Outcomes Of Civic Education. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.25275/apjcectv4i1edu5. DOI: https://doi.org/10.25275/apjcectv4i1edu5

Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084

Anita Azmi, R., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25840.

Astuti, Irnin Agustina Dwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.072.10

Baiduri, M., & Lufita. (2019). Pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis audio pada materi bangun datar segiempat. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Diyantari, I. A. K. D., Wiyasa, N., & Manuaba, S. (2020). Model Snowball Throwing Berbantuan Media Pop Up Book Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 9–21. http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26973

Dwi Agustini, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14211

Fauzia, L. (2020). Implementasi Metode Learning Start With a Question Pada Pembelajaran Akidah Akhlak. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 240–269. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4199

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Fitriani, D., & Fauzy, T. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1341–1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324. DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Lawotan, Y. E. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Sd Katolik 143 Bhaktyarsa Maumere. Jurnal Pendidikan, 7(2), 10–20. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.297. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.297

Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 54–59. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600

Masturah, & Mahadewi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Univrsitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Munfarikhatin, A., & Rachmat. (2021). Pendampingan Membuat Pop Up Book Mace (Membaca Asyik Dan Ceria) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Anak Autisme Di SLB Anim Ha. Jurnal Adimas Indonesia, 1(3), 77–88. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.107. DOI: https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.107

Murniati, M., & Anitra, R. (2019). Media Pop Up Book Sebagai Alat Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855. DOI: https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v2i2.1723

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Ningrum, M. N., Dewi, N. R., & Parmin, P. (2018). Pengembangan modul pop-up berbasis inkuiri terbimbing pada tema tata surya untuk kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.14439. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.14439

Ningsih, T. ayu, Julida, C., & Sari, R. (2021). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Keterampilan Berbicara Siswa MIS Al-Asriyah Langsa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 104–119. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.2581. DOI: https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.2581

Niwalmars, & Boiliu, F. M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menangani Peserta Didik Yang Bermasalah Di Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.462. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.462

Nugroho, P. S., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Pada Kelas XTKJ di SMK Sore Tulungagung. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 82–87. https://doi.org/10.29100/joeict.v3i1.759.

Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296. DOI: https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Putri, B. M. A., Mudzanatun, & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 136–143. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43–57. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.04. DOI: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.04

Sentarik, K. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 197. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Sofian, E. (2018). Analisis Manajemen Risiko Perbankan Dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah di Bidang Modal Usaha Pada PT. Mandiri Mitra Usaha Cabang AR Hakim Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 3(1), 208–239. https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.382.

Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94–104. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.18

Sri widiyanti, S. widiyanti, & Sholihah Widiati, I. (2021). Implementasi dan Evaluasi Penerimaan Sistem Presensi Siswa LKP dengan QR Code Berbasis Android. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 68–76. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v12i1.6123. DOI: https://doi.org/10.31849/digitalzone.v12i1.6123

Suhartono, E. (2018). Perubahan Pola Pembelajaran PKn yang Kontekstual ke Pola Kontekstual (CTL). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p001. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p001

Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). Studi Literatur Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book Dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835.

Sumayana, Y., Akbar, A., & Marlina, D. (2021). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia. Jurnal Educatio, 7(4), 2076–2081. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1504.

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 30. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20. DOI: https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Hiranmayena, N. P. C., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2022). Media Pop-Up Book Berbantuan QR Code Pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 260–268. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46549

Terbitan

Bagian

Articles