PELATIHAN PENINGKATAN DAYA EKSPOR IMPOR BAGI MAHASISWA ASING DI TIONGKOK

Penulis

  • Nunik Hariyanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Agus Salim Universitas Ahmad Dahlan
  • Andri Pranolo Universitas Ahmad Dahlan
  • Dani Fadillah Universitas Ahmad Dahlan
  • Husnul Khotimah Universitas Ahmad Dahlan
  • Nalendra Firdaus Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.69636

Kata Kunci:

bisnis, ekspor, impor, mahasiswa, tiongkok

Abstrak

Tiongkok menjadi salah satu negara tujuan pendidikan dunia karena memiliki jajaran perguruan tinggi top kelas dunia. Selain mahasiswa Indonesia, terdapat mahasiswa asing di Tiongkok yang berasal dari negara lain seperti Kamboja, Malaysia, Sudan, dan Indonesia. Tidak jarang kondisi keterbatasan ekonomi dihadapi oleh para mahasiswa. Sehingga muncul permasalahan dimana banyak dari para mahasiswa membuka peluang usaha namun tidak diimbangi dengan strategi dan komunikasi bisnis yang memadai. Berikutnya, bisnis yang sudah dibuat terkadang belum menjangkau pasar internasional yang lebih luas terutama di bidang ekspor impor. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pengembangan bisnis lanjutan berupa pelatihan ekspor impor bagi mahasiswa asing di Tiongkok. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara luring dan daring berupa presentasi, diskusi, studi kasus, evaluasi, pre-test dan post-test. Hasil dari kegiatan ini didapat pengetahuan peserta terkait dengan eskpor impor dan dokumen yang perlu dipersiapkan meningkat.

Referensi

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43-43.

Bo, X. (2017). China, Indonesia agree to step up Belt and Road cooperation. Xinhua.

Fadillah, D., & Jandevi, U. (2020). Communication Model of Indonesian Student Organizations in China through the Indonesian Movement Helps. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 142. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3465

Fadillah, D., & Kumajaya. (2017). Lompatan Strategis China Dalam Komunikasi Global. Samudra Biru.

Faqih. (2019). PP Muhammadiyah Melantik PCIM Tiongkok di Beijing. Suara Muhammadiyah. https://suaramuhammadiyah.id/2019/12/11/pp-muhammadiyah-melantik-pcim-tiongkok-di-beijing/

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk

umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.

Luke Nolan. (2014). Five Reasons Why You Should Study Abroad In China. G-Meo. http://www.gmeochina.com/five-reasons-why-you-should-study-abroad-in-china/

Saptanti, I. R. (2017). Ni Hao, Nanning. PT Inspirator Juara Indonesia.

Suara Muhammadiyah. (2020). PCIM dan Amanat Internasionalisasi Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. https://muhammadiyah.or.id/pcim-dan-amanat-internasionalisasi-muhammadiyah/

Sugiyanto, A. N., & Abidin, Z. (2019). PENGURUSAN DOKUMEN IMPORT

TEKSTIL OLEH PT DINAMIKA EXPRESSINDO CABANG SEMARANG. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 2(2), 65-74.

Pratama, J., & Juliantio, J. (2022). DESIGN AND VIDEO DOCUMENTARY

ANALYSIS OF COCONUT DERIVATE EXPORT PRODUCTS USING MDLC METHOD. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen), 10(3), 227 - 238. https://doi.org/10.47024/js.v10i3.496

Wahyuddin. (2019). Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia Melalui Program The Belt and Road Initiative. In Fadlan Muzakki (Ed.), Indonesia dalam The Belt and Road Initiative (pp. 71–84). PPI Tiongkok

Diterbitkan

2024-03-31

Terbitan

Bagian

Articles