PENGARUH MODEL COOPERATIF SCRIPT BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20807Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Pembelajaraan Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana pada siswa kelas IV di Gugus IV Kecamatan Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelinitian Non Equivalent Post-test Only Control Group Design, populasi penelitian siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 110 siswa. Hasil uji kesetaraan bahwa populasi penelitian menunjukkan hasil yang setara. Dengan demikian sampel penelitian dapat ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 2 Pejeng Kangin dan 3 Pejeng Kangin yang berjumlah 48 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes yaitu dengan tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, t-test, diperoleh thitung sebesar 3,062. Sedangkan ttabel dengan db = 46 dan taraf signifikansi 5% adalah 2,000. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga H0 ditolak atau H1 diterima. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap kompetensi Pengetahuan IPS Pada Siswa SD Kelas IV di Gugus IV Kecamatan Tampaksiring.
References
DAFTAR RUJUKAN
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Laksmi, N. P. W., Parmiti, D. P., & Kusmariyatni, N. 2013. “Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Bermuatan Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Ubud”. Mimbar PGSD Undiksha, Vol.1. No. 1.
Purwanto, N. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Tjandra, M,dkk. 2005. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.
Suja, I W. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Surabaya: Paramita.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yulianto, I. E. 2014. “Penggunaan Model Kooperatif Tipe Cooperative Script dalam Peningkatan Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Widarapayung Wetan 02 Tahun Ajaran 2013/2014”. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, Vol. 5, No.3