Implementasi Nilai-Nilai Tri Hita Karana dalam Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik Berpengaruh Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27266Keywords:
LAPS-Heuristik, Tri Hita Karana, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah kelas V SD Negeri Gugus 1 Gianyar yang terdiri dari tujuh sekolah sebanyak 501 siswa. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel dan diperoleh kelas V di SD N 7 Gianyar sebagai kelompok eksperimen dan SD N 4 Gianyar sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan metode tes berupa soal cerita yang telah divalidasi. Hasil perhitungan data post-test menunjukkan nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol (eksperimen=39,92 > kontrol=35,87). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 4,11 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 82 diperoleh nilai ttabel (α = 0,05, 82) = 1,99 (thitung = 3,674 > ttabel = 1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik berbasis Tri Hita Karana terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas V SD Gugus I Gianyar. Kepada peneliti lain disarankan agar dapat menggunakan temuan hasil ini untuk melakukan kajian yang lebih mendalam terkait dengan penelitian ini.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. (2015). Buku Ajar Desain dan Analisis Eksperimen. Singaraja: Undiksha.
Ardiantari, N. L. P. N., Wiarta, I. W., & Drs. Ida Bagus Surya Manuaba, S. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita-Citaku Siswa Kelas IVB SD Negeri 8 Pemecutan. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5038
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424
Astami, N. W., Wiarta, I. W., Darsana, I. W., & Pgsd, J. (2016). Kompetensi Pengetahuan IPS Universitas Pendidikan Ganesha Tujuan Pendidikan Nasional ( Pasal. 17.
Astianawan, I. P., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2016). Penerapan Pendekatan saintifik Berbasis Penilaian Portofolio dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas II. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Dantes, N. (2014). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Yogyakarta: ANDI.
Dwiningrat, I. G. A. A., Suniasih, N. W., & Drs. Ida Bagus Surya Manuaba, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2441
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47 DOI: https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47
Gilang Azwardi, R. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Pi : Mathematics Education Journal, 2(2), 62–68. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3335
Gunantara, Suarjana, & Riastini, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Kuswari, R., & . R. (2019). Keefektifan Model Make a Match dengan Media Rorumat Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 20–27. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17406 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17406
Listiani, N. W., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Metakognitif Siswa Kelas V Sd Gugus 8 Blahbatuh.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1902 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Oktafrianto, O., Relmasira, S. C., & Asri Hardini, A. T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Ilmu, 23(3), 218–224. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438
Oktaviani, T., Sulistya Dewi, E. R., & . K. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47–52. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409
Putra, I. G. N. P. A. L. (2019). Pengaruh Model SFAE Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 202. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17773 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17773
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. TSCJ (Thinking Skills and Creativity Journal), 2(2), 93–102.
Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2556 DOI: https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2556
Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. International Journal of Elementary Education, 1(3), 189. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887 DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.11887
Rila Cahya, P. D. M., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 264. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14752 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14752
Rini, N. P., Shodiqin, A., & Damayani, A. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran ICM dan Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17173 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17173
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017b). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryani, S., & Iqbal, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.32505/V3I2.1203 DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v2i2.798
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.
Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410 DOI: https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.410
Winursiti, N. M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD LAB UNDIKSHA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103
Yunita Sari, R., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Penerapan Model Numbered Heads Together Berbantu Dakonmatika Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 51. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17180 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17180
Yusuf, A. Muri, M. P. (2015). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.