Kualitas Pelayanan Pramusaji di Muaro Terrace Cafe Hotel Truntum Padang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.38663Keywords:
Kualitas Pelayanan, Pramusaji, Cafe, HotelAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pramusaji di Muaro Terrace Cafe Hotel Truntum Padang. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pelayanan yang diberikan pramusaji yang tidak disenangi oleh tamu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskrptif kuantitatif dengan metode survey dengan jumlah responden sebanyak 97 orang tamu Muaro Terrace Cafe. Teknik data yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan jenis penelitian insidental sampling. Hasil penelitian yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan pramusaji di Muaro Terrace Cafe secara keseluruhan dapat digolongkan pada kategori sangat tidak baik dengan skor tingkat capaian responden TCR 68,965% dengan kategori Baik. Ditinjau dari indikator tangible memperoleh skor TCR sebesar 421 % dengan kategori sangat tidak baik, indikator empathy memperoleh TCR sebesar 559% dengan kategori sangat tidak baik, indikator responsiveness memperoleh skor TCR sebesar 432% dengan kategori kurang baik, indikator reliability memperoleh TCR sebesar 581% dengan kategori sangat tidak baik, indikator assurance memperoleh skor TCR sebesar 269% dengan kategori cukup baik.
References
Adnyana, I. M. (2020). Dampak Green Tourism Bagi Pariwisata Berkelanjutan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 1582–1592. https://doi.org/10.54783/mea.v4i3.692.
Derianto, P. S., & Kristiutami, Y. P. (2015). Standar operasional prosedur room service Amaroossa Hotel Bandung. Jurnal Pariwisata, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.31294/par.v2i1.295.
Desembrianita, E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Central Asia, Tbk. Cabang Prioritas Makro, Sidoarjo. Management & Accounting Research Journal Global, 1(1). https://jurnal.ikbis.ac.id/global/article/view/204/94.
Deswita, K., Sudirman, H., & Widodo, S. (2021). Analisis Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan dengan Penerapan Metode Total Quality Management (TQM) di RS X. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v2i1.47561.
Dewi, K. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 43–55. https://doi.org/10.26740/bisma.v9n1.p43-55. .
Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S. (2018). Membangun loyalitas pelanggan melalui kepuasan yang dipengaruhi oleh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek (studi pada produk smartphone merek Oppo). Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(2), 87.
Hamzah, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Baitul Mall Wat Tamwil (BMT) Di Kota Pekanbaru Melalui Integrasi Servqual Dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 573–584. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8408.
Hermawan, H. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.32528/jmbi.v1i2.21.
Hutabalian, Y. H., & Kalangi, J. S. (2015). Peran Customer Service dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik. Acta Diurna Komunikasi, 4(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7572/7125.
Ilyas, R. (2016). Etika konsumsi dan kesejahteraan dalam perspektif ekonomi islam. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 152–172. https://doi.org/10.30821/ajei.v1i1.367.
Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/297/215.
Kamar, K. (2019). Analisis pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. BPR Arta Prima Sejahtera. Insan Pembangunan Sistem Informasi Dan Komputer (IPSIKOM), 2(1).
Kurnianingsih, A. (2021). Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Manajemen Dan Retail, 1(2), 62–84.
Lubis, M. S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Arumas Hotel Lubuk Sikaping. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.31846/jae.v1i2.46.
Maukar, F. J., Kawet, L., & Dotulong, L. O. (2015). The Effect Of Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Tangibles To Sales Increase At PT. J.CO Donuts and Coffee Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8478.
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11715.
Naibaho, S. R. L., & Disastra, G. M. (2017). Tinjauan Mengenai Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Layanan Pada Giggle Box Cafe & Resto Pada Tahun 2017. EProceedings of Applied Science, 3(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3890/3678.
Noviastuti, N., & Astuti, I. W. (2021). Usaha Food And Beverage Product Dalam Meningkatkan Revenue Di Grand Puri Saron Boutique Hotel Yogyakarta. Jurnal Nusantara, 4(1).
Putri, A. D. (2020). Pelayanan Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. BPR Pembangunan Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 2(2), 52–67. https://lppmstianusa.com/ejurnal/index.php/janmaha/article/view/271/73.
Revida, E., Gaspersz, S., Uktolseja, L. J., Nasrullah, N., Warella, S. Y., Nurmiati, N., & Purba, R. A. (2020). Pengantar Pariwisata. Yayasan Kita Menulis.
Reza, V. (2020). Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2), 106–112. https://doi.org/10.54576/annahl.v7i2.20.
Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, H., & Simarmata, J. (2021). Manajemen bisnis pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh brand, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan membeli di kedai kopi gudang imaji manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21910.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharta, T. (2017). Pengembangan instrumen pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117–125. https://doi.org/10.21009/JEP.082.07.
Susanto, P. C., & Suryawan, R. F. (2021). Optimalisasi dan Kontribusi Usaha Travel Agent kepada Maskapai Penerbangan di Masa Pandemi COVID-19. Premium Insurance Business Journal, 8(1), 46–51. http://ejournal.stma-trisakti.ac.id/index.php/premium/article/view/14/12.
Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi Masyarakat Konsumtif. Simulacra, 1(2), 203–212. https://doi.org/10.21107/sml.v1i2.4995.
Weenas, J. R. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2741.
Widjoyo, I. O. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada layanan drive thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).
Wilder, K. M., Collier, J. E., & Barnes, D. C. (2014). Tailoring to customers’ needs: Understanding how to promote an adaptive service experience with frontline employees. Journal of Service Research, 17(4), 446–459. https://doi.org/10.1177/1094670514530043.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Finana Syukri, Lise Asnur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)