Pola Komunikasi Human Resources Department di JW Marriott Hotel Surabaya

Authors

  • Rinaldy Lowens Hutabarat Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.50896

Keywords:

Pola Komunikasi, Human Resources Department, JW Marriott Surabaya

Abstract

Salah satu departemen yang terdapat di JW Marriott Hotel Surabaya adalah Human Resources Department (HRD). Sebagai sebuah organisasi yang efektif, HRD menjalankan tugasnya dengan berkoordinasi melalui komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pertanyaan yang muncul, motivasi yang menurun, dan rasa ketidakpastian dari karyawan akibat perubahan-perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi Human Resources Department di JW Marriott Surabaya dari indikator: mengatasi pertanyaan, memotivasi karyawan, dan mengurangi ketidakpastian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Human Resources Department (HRD) JW Marriott Hotel Surabaya. Informan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu Asst. Learning & Development Manager, Human Resources Executive, Human Resources Coordinator, dan Human Resources Administrative Assistant. Hasil penelitian ini menunjukkan pola komunikasi yang digunakan HRD dalam mengatasi pertanyaan cenderung membentuk pola roda; 2) pola komunikasi yang digunakan HRD dalam memotivasi karyawan adalah pola bintang (semua saluran), dan 3) pola komunikasi yang digunakan HRD dalam mengurangi ketidakpastian cenderung membentuk pola roda.

Author Biographies

Rinaldy Lowens Hutabarat, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Departemen Pariwisata

Lise Asnur, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Departemen Pariwisata

References

Alif, A., Tetra, O. N., Aziz, H., & Defri, H. (2017). Pengaruh perlakuan sokletasi dan aktivator KOH terhadap kinerja karbon aktif cangkang kelapa sawit sebagai bahan elektroda superkapasitor. Jurnal Zarah, 5(2), 38–43. https://doi.org/10.31629/zarah.v5i2.207.

Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1999–2003.

Anshori, A. H. (2016). Pentingnya Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah Dalam Kepemimpinan Sekolah/Madrasah Efektif. Tarbawi, 2(1), 23–38. https://media.neliti.com/media/publications/publications/256502-pentingnya-manajemen-berbasis-sekolahmad-38a3d9aa.pdf.

Ardiansyah, D. O. (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.70.

Arief Kurniawan, M., Tisnawati, E., & Yuliza, E. (2018). Status Dan Peran Malioboro Mall Sebagai Objek Wisata Belanja Di Kawasan Malioboro Yogyakarta. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 14(1), 75–89. https://doi.org/10.21831/inersia.v14i1.19496.

Astuti, W. S., Sjahruddin, H., & Purnomo, S. (2019). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan. 1(1), 31–46. https://doi.org/10.31227/osf.io/pjkw5.

Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Departemen Marketing dan HRD PT. Cahaya Indo Persada. Jurnal AGORA, 6(1), 1–10.

Hubner, S. V, & Baum, M. (2018). Entrepreneurs’ Human Resources Development. Human Resource Development Quarterly, 29(4), 357–381. https://doi.org/10.1002/hrdq.21328.

Meilany, P., & Ibrahim, M. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (PT. Indah Logistik Cargo). Jurnal FISIP, 2(2015), 1–11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/5762.

Mujtaba, M., Jamal, S., & Shaikh, Y. (2018). Development without human resource development (HRD): Analysis of HRD policy of pakistan. Asian Themes in Social Sciences Research, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.33094/journal.139.2018.21.9.15.

Mustopa, R. (2020). Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Daya Manusia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 105. https://sostech.greenvest.co.id/index.php/sostech/article/view/21.

Ningrum, D. P. (2019). Seniman Jalanan Malioboro Sebagai DayaTarik Wisatawan Milenial ( Studi AISDALSLove pada akun @ nolkmkustik ). Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.390.

Nugraha, A. R., Perbawasari, S., Zubair, F., & Novianti, E. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan komunikasi efektif berbasis potensi wisata dan kearifan lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 123–132. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3546.

Paramita, I. B. G. (2021). Mengelola Komunikasi Efektif Public Relation Sektor Pariwisata Di Bali Pada Masa Pandemi Covid-19. Communicare, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.55115/communicare.v2i2.1821.

Parkar, V. V, Shinde, P. P., Gadade, S. C., & Shinde, P. M. (2016). Utilization of Laravel Framework for Development of Web Based Recruitment Tool. IOSR Journal of Computer Engineering (IOSR-JCE), 36–41.

Patmanthara, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Pengembangan Pembelajaran Melalui Web Sekolah. Jurnal Teknodik, 10(19), 056. https://doi.org/10.32550/teknodik.v10i19.393.

Prasetyo, A. H., Prasetyo, S. A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402–409. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332.

Putri, A. (2020). Implementasi Komunikasi Pemasaran Radio Suara Surabaya Dalam Mendapatkan Iklan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Commercium, 3(2), 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/36316.

Riyadh, R., Wesnawa, I. G. A., & Citra, I. P. A. (2020). Dampak Potensi Pariwisata Terhadap Kualitas Air Danau Beratan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23474.

Sisca Aulia. (2020). Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi, 12(2), 311 – 324. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.9829.

Sujiantari, N. K. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573.

Downloads

Published

2023-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>