Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Sajuta Janjang di Nagari Pakan Sinayan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.72955Keywords:
Kepuasan Pengunjung, Daya Tarik Wisata, PariwisataAbstract
Daya tarik wisata Sajuta Janjang ialah tidak tercapainya keinginan pengunjung untuk akses jalan menuju lokasi daya tarik wisata, ketidakpuasan pengunjung karena penumpukan sampah, tidak tercapainya kebutuhan pengunjung dengan fasilitas Toilet dan Mushola yang kurang bersih dan ketidak inginan untuk berkunjung kembali ke daya tarik wisata sajuta janjang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Sajuta Janjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu pengunjung yang sedang dan pernah berkunjung ke daya tarik wisata Sajuta Janjang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan Teknik non probability sampling sehingga didaptkan 100 orang responden. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan menggunakan skala likert berjumlah 32 pernyataan yang sudah di teruji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan SPSS versi 24.00. Analisis data yang mencakup nilai maksimal dan minimal, mean, median, standar deviasi dan tingkat pencapaian responden dengan menggunakan program SPSS versi 24.00 dan MS.Excel. Berdasarkan dari hasil dari Variabel Kepuasan Pengunjung, didapat indikator tercapainya harapan pengunjung 65%, terpenuhinya keinginan pengunjung 49%, tercapainya keinginan pengunjung 58%, keinginan untuk memakai produk/jasa itu kembali 65% dan keinginan untuk merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain 65%. Simpulan penelitian menunjukkan tingkat capaian kepuasan pengunjung sajuta janjang termasuk kedalam kategori puas.
References
Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.
Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1999–2003. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7339.
Arida, I. N. S., & Pujani, L. K. (2017). Kajian Penyusunan Kriteria-Kriteria Desa Wisata Sebagai Instrumen Dasar Pengembangan Desawisata. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(1), 1–9.
Astiti, N. K. A. (2017). Mengoptimalkan Sumber Daya Arkeologi Sebagai Daya Tarik Wisata Untuk Ketahanan Budaya. Jurnal Penelitian Arkeologi Papua Dan Papua Barat, 8(2), 162–178. https://doi.org/10.24832/papua.v8i2.186.
Azman, H. A., & Elsandra, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial ke Bukittinggi. AMAR (Andalas Management Review), 4(1), 1–17. https://doi.org/10.25077/amar.4.1.1-17.2020.
Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 107. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2571.
Efendi, S., & Winenriandhika, O. (2021). Pengaruh Rekrutmen, Pelatihan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada kinerja Karyawan di PT. Marketama indah. Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.110915/jin.v3i1.383.
Hendra, T., Djawahir, A. H., & Djazuli, A. (2017). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Giant Supermarket Sawojajar , Kota Malang ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 129–141. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1694.
Hermawan, H. (2017). Pengaruh daya tarik wisata, keselamatan, dan sarana wisata terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan: studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Media Wisata, 15(1). https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57.
Nasrih, M. L. (2016). Analisis Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Al-Iqtishad:Journal of Islamic Economics, 2(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v2i1.2477.
Novarini, A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Promosi Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Hidden Canyon Beji Guwang. Ojs Stimihandayani.
Nuraeni, R., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795.
Nurmalinda, N., & Illahi Manvi, K. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2270–2275. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2925.
Paramita, I. B. G. (2021). Mengelola Komunikasi Efektif Public Relation Sektor Pariwisata Di Bali Pada Masa Pandemi Covid-19. Communicare, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.55115/communicare.v2i2.1821.
Riyadh, R., Wesnawa, I. G. A., & Citra, I. P. A. (2020). Dampak Potensi Pariwisata Terhadap Kualitas Air Danau Beratan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23474.
Susetyarini, O., & Masjhoer, J. M. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, Dan Fasilitas Pariwisata Di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan. Jurnal Kepariwisataan, 12(1), 41–54.
Yulia, C., Subekti, S., Nikmawati, E. E., & Maosul, A. (2021). Pengembangan Wisata Kulindes (Kuliner Pedesaan) Berbasis Pangan Lokal di Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Lentera Karya Edukasi, 1(3), 153–159. https://doi.org/10.17509/lentera.v3i1.42204.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bunga Edelweiss, Lise Asnur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)