Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Sajuta Janjang di Nagari Pakan Sinayan

Authors

  • Bunga Edelweiss Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.72955

Keywords:

Kepuasan Pengunjung, Daya Tarik Wisata, Pariwisata

Abstract

Daya tarik wisata Sajuta Janjang ialah tidak tercapainya keinginan pengunjung untuk akses jalan menuju lokasi daya tarik wisata, ketidakpuasan pengunjung karena penumpukan sampah, tidak tercapainya kebutuhan pengunjung dengan fasilitas Toilet dan Mushola yang kurang bersih dan ketidak inginan untuk berkunjung kembali ke daya tarik wisata sajuta janjang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Sajuta Janjang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu pengunjung yang sedang dan pernah berkunjung ke daya tarik wisata Sajuta Janjang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan Teknik non probability sampling sehingga didaptkan 100 orang responden. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan menggunakan skala likert berjumlah 32 pernyataan yang sudah di teruji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan SPSS versi 24.00. Analisis data yang mencakup nilai maksimal dan minimal, mean, median, standar deviasi dan tingkat pencapaian responden dengan menggunakan program SPSS versi 24.00 dan MS.Excel. Berdasarkan dari hasil dari Variabel Kepuasan Pengunjung, didapat indikator tercapainya harapan pengunjung 65%, terpenuhinya keinginan pengunjung 49%, tercapainya keinginan pengunjung 58%, keinginan untuk memakai produk/jasa itu kembali 65% dan keinginan untuk merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain 65%. Simpulan penelitian menunjukkan tingkat capaian kepuasan pengunjung sajuta janjang termasuk kedalam kategori puas.      

References

Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.

Andrinata, Sumarmi, & I Komang Astina. (2016). Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok Sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1999–2003. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7339.

Arida, I. N. S., & Pujani, L. K. (2017). Kajian Penyusunan Kriteria-Kriteria Desa Wisata Sebagai Instrumen Dasar Pengembangan Desawisata. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(1), 1–9.

Astiti, N. K. A. (2017). Mengoptimalkan Sumber Daya Arkeologi Sebagai Daya Tarik Wisata Untuk Ketahanan Budaya. Jurnal Penelitian Arkeologi Papua Dan Papua Barat, 8(2), 162–178. https://doi.org/10.24832/papua.v8i2.186.

Azman, H. A., & Elsandra, Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial ke Bukittinggi. AMAR (Andalas Management Review), 4(1), 1–17. https://doi.org/10.25077/amar.4.1.1-17.2020.

Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 107. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2571.

Efendi, S., & Winenriandhika, O. (2021). Pengaruh Rekrutmen, Pelatihan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Pada kinerja Karyawan di PT. Marketama indah. Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.110915/jin.v3i1.383.

Hendra, T., Djawahir, A. H., & Djazuli, A. (2017). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Giant Supermarket Sawojajar , Kota Malang ). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 129–141. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1694.

Hermawan, H. (2017). Pengaruh daya tarik wisata, keselamatan, dan sarana wisata terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan: studi Community Based Tourism di Gunung Api Purba Nglanggeran. Media Wisata, 15(1). https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57.

Nasrih, M. L. (2016). Analisis Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Al-Iqtishad:Journal of Islamic Economics, 2(1). https://doi.org/10.15408/aiq.v2i1.2477.

Novarini, A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, dan Promosi Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Hidden Canyon Beji Guwang. Ojs Stimihandayani.

Nuraeni, R., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 487. https://doi.org/10.32832/manager.v2i4.3795.

Nurmalinda, N., & Illahi Manvi, K. (2022). Analisis Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Talao Pauh Waterfront Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2270–2275. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2925.

Paramita, I. B. G. (2021). Mengelola Komunikasi Efektif Public Relation Sektor Pariwisata Di Bali Pada Masa Pandemi Covid-19. Communicare, 2(2), 135–144. https://doi.org/10.55115/communicare.v2i2.1821.

Riyadh, R., Wesnawa, I. G. A., & Citra, I. P. A. (2020). Dampak Potensi Pariwisata Terhadap Kualitas Air Danau Beratan. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jjpg.v8i1.23474.

Susetyarini, O., & Masjhoer, J. M. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, Dan Fasilitas Pariwisata Di Malioboro Pasca Revitalisasi Kawasan. Jurnal Kepariwisataan, 12(1), 41–54.

Yulia, C., Subekti, S., Nikmawati, E. E., & Maosul, A. (2021). Pengembangan Wisata Kulindes (Kuliner Pedesaan) Berbasis Pangan Lokal di Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Lentera Karya Edukasi, 1(3), 153–159. https://doi.org/10.17509/lentera.v3i1.42204.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>