Sikap Pengunjung dalam Mewujudkan Sapta Pesona di Daya Tarik Wisata Green Talao Park Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Ade Rahmi Rhamadani Putri S. Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.73007

Keywords:

Sikap, Sapta Pesona, Daya Tarik Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sikap Pengunjung dalam Mewujudkan Sapta Pesona di Daya Tarik Wisata Green Talao Park Kabupaten Padang Pariaman. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung yang berada dan pernah berwisata ke daya tarik wisata Green Talao Park. Sampel penelitian berjumlah 99 orang dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabelitasnya. Hasil penelitian: secara keseluruhan Sikap Pengunjung dalam Mewujudkan Sapta Pesona di Daya Tarik Wisata Green Talao Park Kabupaten Padang Pariaman menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian sebesar 89,89%. Selanjutnya berdasarkan indikator adalah berikut ini: Indikator aman dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 75,75%. Indikator tertib dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 81,81%. Indikator kebersihan dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 61,61%. Indikator sejuk dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 79,79%. Indikator indah dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 63,63%. Indikator ramah dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 77,77%. dan Indikator kenangan dominan menunjukkan kategori sangat baik dengan interpretasi persentase penilaian responden 78,78%.

References

A.P, K., & Kholiq, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengemasan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Ngebel Ponorogo. Jurnal Sosiologi Reflektif, 14(2), 407 – 424. https://doi.org/10.14421/jsr.v14i2.1836.

Alfianto, M. R., Purwati, S., Kamila, S. T., & Supriyadi. (2022). Application of Sapta Pesona in Realizing Guava Picking Tourist Destinations: Penerapan Sapta Pesona dalam Mewujudkan Destinasi Wisata Petik Jambu. Proceedings of the 1st SENARA 2022, 3, 1196-1203. https://doi.org/10.21070/pssh.v3i.256.

Ananda, V., & Chair, I. M. (2020). Persepsi Pengunjung Tentang Sarana dan Prasarana Objek Wisata Rumah Pohon Tabek Patah. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2). https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.8272.

Anggariani, P., & Paramartha, I. G. N. D. (2021). Digital Tourism Transformation (Virtual Traveling) sebagai Solusi Dampak Covid-19 pada Sektor Pariwisata di Desa Kampial, Bali. EMPOWERMENT : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i01.4206.

Anggina, & Asnur, L. (2022). Strategi Pengembangan Sarana dan Prasarana di Daya Tarik Wisata Puncak Tonang Kabupaten Pasaman. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.50704.

Apriliyanti, E., Hudayah, S., & ZA, S. Z. (2020). Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1). https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.7308.

Aspiani, M., & Rustiawan, A. (2020). Hubungan Pengetahuan, Sikap Penjamah Makanan dan Fasilitas Sanitasi terhadap Keamanan Pangan di Rumah Makan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Depok Kabupaten Bantul Tahun 2019. Proceeding of The 11th University Research Colloquium 2020: Bidang Lingkungan Dan Kebencanaan, 40–47.

Aziz, M. L., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.326.

Faradiana, & Salam, A. (2023). Perkembangan Ekowisata Green Talao Park Nagari Ulakan Kabupaten Padang Pariaman Berbasis Masyarakat (2016 - 2022). Jurnal Kronologi, 5(1). https://doi.org/10.24036/jk.v5i1.566.

Febrianto, I. G. A. (2021). Persepsi Dan Sikap Wisatawan Milenial Terhadap Pariwisata Di Era Covid 19. Jurnal Kepariwisataan, 20(1). https://doi.org/10.52352/jpar.v20i1.435.

Gede, M. S. (2022). The Influence of the Application of Sapta Pesona on Visitor Satisfaction at the Amal Palace Beach, North Penajam Paser Regency. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 9–17. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i2.53.

Hamidah. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Air Bangis Pasaman Barat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.38664.

Kanom, Darmawan, R. N., & Nurhalimah. (2020). Sosialisasi Penerapan Sapta Pesona Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.32503/Ce ndekia .v 2i1 . 777.

Kawung, A. V., Poluan, R. J., & Rondonuwu, D. M. (2016). Persepsi Dan Sikap Wisatawan Terhadap Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang Di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Spasial, 3(1). https://doi.org/10.35793/sp.v3i1.11652.

Latif, S. A., Swardin, L. O., & Ode, A. La. (2021). Attitudes and Knowledge of Coffee Shop Visitors with Compliance with the Use of Masks During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 610–616. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.665.

Megananda, A. E. W. C., & Ismail, H. (2023). Penerapan Sapta Pesona Potensi Desa Wisata Petik Jambu di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. JASS: Journal of Administrative and Social Science, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.118.

Munanda, R., & Amar, S. (2019). Pengaruh Kunjungan Wisatawan Mancanegara, Rata-Rata Pengeluaran Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Pendapatan Indonesia Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Pembangunan, 1(1). https://doi.org/10.24036/jkep.v1i1.5348.

Munandar, A., & Widiastuti, W. (2022). Analisis Pengetahuan Dan Sikap Wisatawan Terhadap Potensi Bencana Di Destinasi Wisata Desa Rindu Hati Kabupaten Bengkulu Tengah. MIMBAR: Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 11(2). https://doi.org/10.32663/jpsp.v11i2.3141.

Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, Dengan Pandemi Covid 19 Sebagai Variabel Moderator. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2). https://doi.org/10.35794/emba.9.2.2021.33280.

Oktavia, S., & Wulandari, D. P. (2023). Analisis Pengembangan Amenitas Ekowisata Green Talao Park. Ensiklopedia of Journal, 5(3). https://doi.org/10.33559/eoj.v5i3.1403.

Pujilestari, S., & Amelia, J. R. (2021). Karakteristik Wisatawan Dan Perilaku Keamanan Pangan Di Kawasan Kota Tua Dki Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 4(1). https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i1.418.

Putri, A. F., & Ferdian, F. (2023). Tingkat Kepuasan Pengunjung pada Daya Tarik Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 4(2), 104–113. https://doi.org/10.24036/jkpbp.v4i2.60772.

Safitra, L. (2023). Strategi Dalam Mewujudkan Sapta Pesona Wisata Pantai di Bengkulu. JISPAR; Jurnal Ilmu Sosial, Politik,Dan Pemerintahan, 12(2). https://doi.org/10.37304/jispar.v12i2.9911.

Septiani, E., Sagir, J., & Serip, S. (2023). Analisis Persepsi Dan Sikap Wisatawan Atas Dikembangkannya Kawasan The Mandalika. Jurbal Distribusi, 11(1), 81–94. https://doi.org/10.29303/distribusi.v11i1.300.

Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2020). Implementasi Sapta Pesona Sebagai Upaya Dalam Memberikan Pelayanan Prima Pada Wisatawan Di Desa Wisata Pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT), 2(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.98.

Simanihuruk, M. (2020). Optimization of Sapta Pesona (Seven Enchantments) with Waste Management on Tourist Village Development: Case of Cimande Tourist Village. E-Journal of Tourism, 7(2), 349–368. https://doi.org/10.24922/eot.v7i2.64589.

Sri Lilik Puji Rahayu. (2020). E-Wom Positif dan Sikap Wisatawan dalam Meningkatkan Niat Berkunjung pada Generasi Millenial (Studi pada Geowisata Selo Bonang Kabupaten Jember). JIM: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1073–1084. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p1073-1084

Sugiarti, T., & Fikri, M. A. (2021). Tingkat Kepuasan Wisatawan terhadap Sapta Pesona Wisata Air Terjun Sedudo. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(1). https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.01.23.

Downloads

Published

2023-12-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>