Buku Ensiklopedia Berbasis Augmented Reality Mengenai Materi Sistem Respirasi Manusia

Authors

  • Nyoman Maesha Bramanda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i3.75347

Keywords:

Buku Ensiklopedia, Augmented Reality, Sistem Respirasi

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPAS disebabkan kurangnya bahan ajar yang mampu memvisualisasikan secara konkret dalam pembelajaran.  Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan buku ensiklopedia berbasis AR. Jenis penelitian digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Subek yang terlibat dalam penelitian yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan 35 orang siswa kelas V. Pengumpulam data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan penyebaran angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan ada tiga yaitu analisis data deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan stastistik inferensial. Hasil penelitian yaitu validator ahli rancang bangun sebesar 93,18%, validator ahli isi materi memperoleh 95,83%, validator ahli desain instruksional memperoleh 93,18%, validator ahli media pembelajaran memperoleh 92,50%, uji coba perorangan memperoleh 99%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh 97,5% yang bearti buku ensiklopedia berbasis AR sangat layak digunakan. Disimpulkan buku ensiklopedia berbasis augmented reality efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS. Implikasi penelitian ini bahwa penggunaan materi pembelajaran yang diintegrasikan dengan Augmented Reality cocok digunakan pada masa sekarang.

References

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838.

Alalwan, N., Cheng, L., Al-Samarraie, H., Yousef, R., Ibrahim Alzahrani, A., & Sarsam, S. M. (2020). Challenges and Prospects of Virtual Reality and Augmented Reality Utilization among Primary School Teachers: A Developing Country Perspective. Studies in Educational Evaluation, 66(September 2019), 100876.1-12. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100876.

Anuar, S., Nizar, N., & Ismail, M. A. (2021). The Impact of Using Augmented Reality as Teaching Material on Students’ Motivation. Asian Journal of Vocational Education And Humanities, 2(1). https://doi.org/10.53797/ajvah.v2i1.1.2021.

Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of Augmented Reality Applications on Secondary School Students’ Reading Comprehension and Learning Permanency. Computers in Human Behavior, 95. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035.

Dari, T. W., Harahap, F. A., Sembiring, J., Kurniawan, R., Manik, D. Y., Khoiry, M., & Fitria, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Model Rme Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10438–10450. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1197.

Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.

Dinayusadewi, N. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Development of Augmented Reality Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials. Journal of Education Technology, 4(2), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372.

Elisa, E., & Wiratmaja, I. (2019). Augmented reality: Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(2), 73–81. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i2.8124.

Hafzah, N., Puri Amalia, K., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958.

Hermanto, H., Sudaryanto, S., & Febriana, C. (2020). Pengembangan Buku Berbasis Ensiklopedia Untuk Mata Kuliah Budaya Indonesia Program Darmasiswa. Pena Literasi, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.20-28.

Kristina, Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media 3D Berbasis Augmented Reality Menggunakan PBL Materi Penggolongan Hewan untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 59–72. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25677.

Laili, I. (2019). Efektivitas pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 180–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805.

Mahendra, E. (2020). Pengembangan Buku Ensiklopedi Kingdom Plantae Berbasis Augmented Reality 3 Dimensi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 1 Kuta. Jurnal Pendidikan Payan Mas, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.8519.

Mahmudin, A. S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Oleh Guru Tingkat Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 95–106. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3396.

Musthofa, M. N. A., Ramadhan, M. A. N., & Harchristanto, B. A. (2024). Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pembelajaran Bangun Ruang. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 284–292. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i1.243.

Nalasari, K. ., Suarni, N. ., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658.

Noviyanti, E., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2022). Pengembangan bahan ajar ensiklopedia IPA berbasis saintifik kelas V SDN Karawaci Baru 6 Kota. PANDAWA, 4(1), 111–121. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1573.

Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173–2177.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Ramadhan, A., Hermawati, M., & Irawan, A. (2023). Aplikasi Ensiklopedia Pengenalan Tata Surya Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(1), 25–31. https://doi.org/10.30998/jrami.v4i01.4675.

Sahin, D., & Yilmaz, R. M. (2020). The Effect of Augmented Reality Technology on Middle School Students’ Achievements and Attitudes towards Science Education. Computers & Education, 144. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103710.

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384.

Sari. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7.

Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3501.

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506

Sukardjo, M., Khasanah, U., Rahmat, S. T., & Khaerudin. (2023). Augmented Reality Media Design for Electro-Pneumatic Practical Learning for Vocational High School Students (VHS). Journal of Education Technology, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.57615.

Wijaya, S., & Kartini, A. (2023). Perancangan Buku Ensiklopedia Anak 4D Klasifikasi Makhluk Hidup Mamalia Laut. IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies, 2(2), 107–117. https://doi.org/10.37312/imatype.v2i2.7458.

Yuliana, F., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875.

Zulfarina, Z., Syafii, W., & Putri, D. G. (2021). E-Magazine Based on Augmented Reality Digestive as Digital Learning Media for Learning Interest. Journal of Education Technology, 5(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36110.

Downloads

Published

2024-03-14

Issue

Section

Articles