E-LKPD Berbasis Inkuiri pada Muatan IPA Materi Cahaya dan Sifatnya Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i1.77093Keywords:
pengembangan, E-LKPD, InkuiriAbstract
Kurangnya kemampuan guru dalam mengadakan pembelajaran yang inovatif dapat menjadi penyebab hasil belajar siswa kurang maksimal. Penggunaan bahan ajar hanya sebatas buku dan mengandalkan pembelajaran konvensional. Hal tersebut tentu membuat siswa jenuh. Maka dari itu diperlukan bahan ajar yang inovatif untuk mendukung proses pembelajaran. Melihat hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas E-LKPD berbasis inkuiri. Subjek dalam penelitian ini yakni 32 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dan kepraktisan produk memiliki hasil yang baik. Berdasarkan uji efektivitas menggunakan memperoleh hasil bahwa produk E-LKPD berbasis inkuiri efektif untuk digunakan pada muatan IPAS materi cahaya dan sifatnya kelas V SD. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memperbanyak variasi bahan ajar yang ada di sekolah sehingga layak dipergunakan pada proses pembelajaran di kelas. Implikasi penelitian ini menunjukkan potensi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah yang kompleks.
References
Agung, A. A. G. (2022a). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A. A. G. (2022b). Metodologi Pendidikan Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2019). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.
Aji Saputra, I., & Kurnianti, E. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Grogol 05 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 637–645. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4286.
Akbar, P. M. M., Hairida, L., I., M., & Rasmawan, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Inkuiri Pada Materi Zat Adiktif Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Kesehatan. Jurnal Education and Development, 10(2), 284–293.
Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Ashari, D., Bintartik, L., & Mudiono, A. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 56–65.
Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry, 3(1), 28. https://doi.org/10.25299/jrec.2021.vol3(1).6485.
Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2023). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848.
Ghaniem, F., A.Rasa, A., H.Oktora, A., & Ati. Yasella, M. (2020). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V (Cetakan pe. Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Penidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://buku.kemedikbud.go.id.
Hasanuddin, S. E., & Sy., M. E. (2021). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar. In P. Pembelajaran (Ed.), Sada Kurnia Pustaka (p. 67). Sada Kurnia Pustaka.
Istiqomah, E. (2020). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Bahan Ajar Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17.
Jannah, I. K., & Suciptaningsih, O. A. (2020). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS (Vol. 6, pp. 6164–6172).
JK, A. K. R., & Yuliani, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Inkuiri pada Submateri Fotosintesis untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu, 10(3), 663–673. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673.
Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143–151. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p143-151.
Lovisia, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.
Nurhidayati, S. (2020). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995.
Nursyifah, E. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Membangun Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan (pp. 810–817).
Nuryadi, A., D., T., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2022). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Sibuku Media.
Rosa, D. M., Wildan, W., Hadisaputra, S., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2928.
Safitri, O. N. (2021). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.
Selmin, Y., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 3(1), 41. https://doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52.
Suartama, I. K. (2019). Bahan Ajar Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronil (E-LKPD) Inovatif Dalam Proses Pembelajaran Abad 21 Info Artikel Diterima dalam bentuk review. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi, 2(7), 1256–1268.
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2022). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL. Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19, 485(Iclle), 284–287. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201109.048.
Tegeh, I. M. (2019). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145.
Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015.
Wardani, W. P., & Suniasih, N. W. (2021). E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Aksara Bali Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 173–182. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44586.
Yuniar, S., Maksum, A., Wardhani, P. A., & Apriliani, M. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2488–2500. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.791.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu, 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616.
Zamrodah, Y. (2021). Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Muslimah. SHEs:Conference Series, 3(3), 1471–1479.
Zulfah, A., B., & Abdullah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Metode Observasi terhadap Kemampuan Klasifikasi Siswa Kelas X SMAN 7 Bekasi. Al-Nafis: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Luh Putu Indah Maharani, Ni Wayan Suniasih, Gusti Ngurah Sastra Agustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)