Komik Digital Matematika Bermuatan Multimedia Berbasis Kontekstual pada Materi Pecahan Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i3.75939Keywords:
Komik Digital, Multimedia, Kontekstual, MatematikaAbstract
Belum mampunya guru dalam memfasilitasi media pembelajaran yang menarik dan inovatif yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pecahan senilai sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa belum maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat mengkonkretkan materi dan konsep Matematika yang bersifat abstrak tersebut serta mampu mengatasi permasalahan yang dialami siswa yaitu kurangnya motivasi belajar siswa dan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek Penelitian ini meliputi 31 siswa kelas IV SD. Hasil uji ahli materi memperoleh skor sebesar 90,38%, uji ahli desain instruksional sebesar 92,85%, uji ahli desain media pembelajaran sebesar 90,78%, uji coba perorangan sebesar 93,18%, uji coba kelompok kecil sebesar 93,44%, dan uji coba kelompok besar sebesar 92,04% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Hasil uji efektivitas mendapatkan nilai t_hitung sebesar 7,574. Dengan demikian, komik digital Matematika bermuatan multimedia berbasis kontekstual pada materi pecahan efektif diterapkan pada siswa kelas IV SD. Adapun implikasi penelitian ini diantaranya yaitu secara realitas dapat diketahui bahwasannya kegiatan pembelajaran melalui media pembelajaran komik digital dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, efektif, menarik sehingga berdampak positif pada hasil belajar siswa.
References
Andriani, N. F., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2022). Media Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Dalam Muatan Pelajaran Ips Tema “Pahlawanku” Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.407.
Apriyani, R., & Agustika, S. (2023). Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Efektif Digunakan Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1).
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066.
Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 51. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782.
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610.
Cahyaningrum, A. (2020). 27 Cara Asyik Belajar Matematika: Kumpulan Karya Ilmiah Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Penerbit Pustaka Rumah Cinta. https://books.google.co.id/books?id=HXsgEAAAQBAJ.
Chusniah, E. R., & Setianingsih, R. (2021). Pengembangan Komik Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2), 56–57. https://doi.org/10.26740/jppms.v3n2.p55-64.
Dewi. (2022). Pengembangan Komik Digital Interaktif untuk memperkuat Kemampuan Membaca pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat Kelas II SD. Jurnal Basicedu, Volume 6(Nomor 5), 8652–8665.
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447.
Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(1), 36–38. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319.
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875.
Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870.
Jojon, D. A., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Benda Di Sekitarku Untuk Siswa Kelas III Di SD Malanuza. (2022). Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 307. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i2.625.
Kristin, F., & Mulia, Y. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Journal on Teacher Education, 4(4), 293–302. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15106.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.
Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 425–426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243.
Mega, A. M. P., & Faisal Madani. (2023). Analisisis Assesmen Autentik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 778–788. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5659
Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 139–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251.
Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20.
Mutiaramses, M., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 44–45. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050.
Ni Pt Risma, H., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.
Ni Putu Sintya Dewi, U., & Sujana, I. W. (2022). E-Comic berbasis Problem Based Learning Muatan IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 253–261. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47044.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.
Orozco, R. B., Castillo, R. I. B., & Ramos, S. H. (2020). Neoaltar: An interactive multimedia day of the dead experience. Heliyon, 6(2), e03339. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03339.
Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.
Rahmi, V. J., Ambarita, A., & Yuniarti, T. (2022). Qr-Code-Based Mathematics Contextual Comic Module for Elementary School Students. International Journal of Social Science And Human Research, 5(6), 2515–2519. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-79.
Rosyida, A. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 789. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799.
Safitri, & Aziz, R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 53–54. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237.
Safitri, I. G., Sujana, A., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan BARCODI (Barcode Comic Digital) Berorientasi Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar pada Materi Fotosintesis. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 114. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.12539.
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1364–1365. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528.
Simamora, A. H., Jampel, N., & Tegeh, I. M. (2020). E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 64–74. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353.
Siregar, H. F., & Melani. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulistiowati, A. P., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Praktikum Akuntansi Dagang Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 9(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.25210.
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304.
Wicaksana, Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 48. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159.
Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 394. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(1), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bhujangga Ayuningrat Pradnya Suari, Gusti Ngurah Sastra Agustika, S.Si., M.Pd., M.Sc. , Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)