PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang tidak menggnakan model pembelajaran Problem Based Learnig pada siswa kelas III SD Gugus VI Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini yaitu Non-equevalent post-test only control group desaint.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Gugus VI Kecamatan Sawan yang berjumlah 164 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas III SDN 1 Kerobokan yang berjumlah 18 orang dan siswa kelas III SDN 4 Sangsit yang berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan instrumen tes objektif (pilihan ganda). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based learning dengan thitung= 4,75 > ttabel= 2,042. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based learning yaitu 16,52 dan skor rata-rata siswa kelompok kontrol yaitu 11,77. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Gugus VI Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, PBL
References
Agung. 2014. Metodologi Penelitian. Malang: Aditya Media Publishing.
Hanafiah, Nanang., dan Suhana Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran.Bandung: Refika Aditama.
Kurnia, Ingridwati. 2007. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Departeme Pendidikan Nasional.
Kurniasih, Imas dan Sani Berlin, 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Kusuma. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Tehadap Hasil Belajar Ipa Pasa Siswa kelas V Semester Ganjil di Gugus XIV SD Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD. Vol: 2 No: 1. PGSD Undiksha. (hlm 1-10).
Laksana, Laba Ngurah. 2016. Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.5. No. 2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Citra Bakti. ISSN: 2303-288X. (hlm 873-882).
Marhaeni. 2013. Landasan dan Inovasi Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:Prestasi Pustaka Raya.
Riastini, Putu Nanci. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Universitas Pendidian Ganesha.
Ruhimat, Toto. 2013. Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: Indeks.
Sastrawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Tampaksiring Gianyar. E-journal PGSD Vol:2 No: 1. PGSD Undiksha. (hlm 1-11).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.
Sukariyasa, Eta. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus Belantih.E-Journal MIMBAR PGSD.Vol:2 No:1. (hlm 1-10).
Susanti, dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Gugus IV Kecmatan Sukawati. E-journal PGSD. (hlm 1-10).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia
Wuryandani. 2011. Pembelajaran PKN di Sekolah dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Yamin, Moh. 2014. Teori dan Metode Pembelajaran. Jawa Timur: Madani (Kelompok Instrans Publishing).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.