PENGARUH STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Starter Experiment Approach (SEA) terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 46 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 6,14 dan diperoleh nilai ttabel sebesar 2,07.Sehingga thitung (6,14) > ttabel (2,07). Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Starter Experiment Approach (SEA) dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan Starter Experiment Approach (SEA) pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Ini berarti bahwa Starter Experiment Approach (SEA) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci: starter experiment approach (sea), hasil belajar, IPA
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Bundu, Ratta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.
Cahyani, Novita. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Starter Eksperimen Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.
Dewi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Video Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA”. Singaraja: Undiksha.
Lestari, Sri. 2012. Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dengan Melibatkan Kemampuan Analisis Sintesis, Kemampuan Numerik Siswa melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Starter Eksperiment Approach (SEA). Tesis. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Lestari, Sri. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas Xi Iis 1 Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Sea (Starter Experiment Approach). Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XIX/November 2015
Nyeneng, I Ketut. 2015. Pengaruh Model Pendekatan Starter Eksperiment (PSE) Terhadap Keterampilan Proses SAINS dan Hasil Belajar SAINS Siswa SD Gugus VIII Kecamatan Abang. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5.
Mirah. 2012. “Implementasi Pendekatan Starter Eksperimen (Starter Experiment Approach) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA”. Singaraja: Undiksha
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks
Saputra, Pt. Andi, I Md. Tegeh, I Wyn. Widiana. 2017. Pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen (Starter Experiment Approach) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Suastra, Wayan. 2013. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha
Sudana, Dewa dan Kusmariyatni. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha
Suwatra, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Utami. 2012. “Implementasi Pendekatan Starter Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Singaraja: Undiksha.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.