Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL)
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dengan model Project Based Learning (PJBL) siswa kelas IV SDN 1 Jlarem Kecamatan Gladagsari. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Jlarem dengan jumlah siswa ada 19. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar dan rubrik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Data diperoleh kemudian diolah secara kuantitatif dalam bentuk rentang skor 1 hingga 4 kemudian dianalisis secara kualitatif berupa kategori pada setiap rentang yang diperoleh. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa pra siklus sebesar 10%, siklus I sebesar 63,16% dan siklus II sebesar 84,21%. Serta diperoleh data hasil belajar siswa pra siklus sebesar 36,84%, siklus I sebesar 84,21% dan siklus II sebesar 89,47%. Jadi, penerapan model Project Based Learning (PJBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SDN 1 JlaremReferences
Ainamulyana.blogspot.com. (21 Agustus 2018). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. < https://ainamulyana.blogspot.com/2016/07/download-permendikbud-no-21-tahun-2016.html>
Yetkiner,Z.E., Anderoglu, H., & Capraro, R. M. (2008). Research Summary: Project-based learning in midlle grades mathematics.
Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orangtua, Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)
Ennis, R. H (1996). Critical Thinking. USA: Prentice Hall, Inc
Agus Suprijono. 2013. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.