Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL)

Authors

  • Dedi Kristiyanto

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika dengan model Project Based Learning (PJBL) siswa kelas IV SDN 1 Jlarem Kecamatan Gladagsari. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Jlarem dengan jumlah siswa ada 19. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar dan rubrik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Data diperoleh kemudian diolah secara kuantitatif dalam bentuk rentang skor 1 hingga 4 kemudian dianalisis secara kualitatif berupa kategori pada setiap rentang yang diperoleh. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh siswa pra siklus sebesar 10%, siklus I sebesar 63,16% dan siklus II sebesar 84,21%. Serta diperoleh data hasil belajar siswa pra siklus sebesar 36,84%, siklus I sebesar 84,21% dan siklus II sebesar 89,47%. Jadi, penerapan model Project Based Learning (PJBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SDN 1 Jlarem

References

Ainamulyana.blogspot.com. (21 Agustus 2018). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. < https://ainamulyana.blogspot.com/2016/07/download-permendikbud-no-21-tahun-2016.html>

Yetkiner,Z.E., Anderoglu, H., & Capraro, R. M. (2008). Research Summary: Project-based learning in midlle grades mathematics.

Ruseffendi, ET. 1980. Pengajaran Matematika Modern Untuk Orangtua, Murid, Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Ridwan Abdullah Sani, Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Ennis, R. H (1996). Critical Thinking. USA: Prentice Hall, Inc

Agus Suprijono. 2013. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Downloads

Published

2020-04-19

How to Cite

Kristiyanto, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Project Based Learning (PJBL). Mimbar Ilmu, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24468

Issue

Section

Articles