Penggunaan Pembelajaran STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24776Abstract
Abstrak
Hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 1 Bulakamba masih rendah, hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal Matematika pada materi keliling dan luas bangun datar. STAD merupakan sebuah strategi pembelajaran yang menuntun siswa untuk dapat bekerja sama, memiliki tanggung jawab, dan mampu menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar melalui pembelajaran STAD di kelas IV Sekolah Dasar, Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah siswa kelas IV di sekolah dasar negeri Kabupaten Brebes, sebanyak 18 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, skala penilaian rubrik, soal evaluasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan melihat nilai rata-rata. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran STAD diperoleh hasil belajar sebagai berikut: pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55,5%, meningkat pada siklus II menjadi 88,8%.References
Discovery. Jurnal Euclid. Volume 3, No. 1, Juni 2019.
Amir, F. M. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Moth Educator Nusantara. Tahun 2015, Nomor 02, Volume 01.
Daryanto. 1997. Kamus Besar Bahsa Indonesia. Surabaya: Apollo.
Esminarto, dkk. 2016. Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual. Volume 1, Nomor 1, November 2016.
Gusniar. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No. 2 Orgoamas II. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 2, No. 1, Mei 2018
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Iqbal, M., dan Setyo, G, N. 2004. Kumpulan Rumus Matematika. Jakarta: Pustaka Agung Harapan.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Lie, A. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Muschla, J. A dan Robert, M, G. 2009. Pedoman Praktis Tugas-Tugas Matematika dengan Aplikasi Kehidupan Nyata Sehari-hari. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Mustaqim, B & Astuti, A. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD / MI kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Nurkancana, Wayan dan PPN. Sumartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. 1998. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wardhani, I. & Wihardit, K. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.