Adversity Quotient (AQ) Ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32284Abstract
Perbedaan yang dimiliki oleh siswa laki-laki dan perempuan menyebabkan dalam menghadapi suatu permasalahan pembelajaran memiliki cara berbeda-beda. Pembelajaran yang sulit disekolah sering membuat siswa putus asa dan mudah menyerah. Hal ini dikarenakan masih rendahnya ketahanan siswa dalam menghadapi suatu permasalahan dalam pembelajaran. Ketahanan seseorang dalam menghadapi permasalahan dikenal dengan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan AQ antara siswa laki-laki dan perempuan sebagai informasi yang berkaitan dengan ketahanan yang dimiliki oleh masing-masing siswa dalam menghadapi suatu permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis kausal komparatif dengan metode pengumpulan data diperoleh melalui angket tertutup. Sebelum data dianalisis dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji fisher sebagai prasyarat dilakukan analisis uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji-t diperoleh t hitung = 2,41 pada taraf signifikan 5% dan (db) 55 + 55 – 2 = 108 diperoleh t tabel = 1,98. Sehingga nilai t hitung = 2,41 > t tabel = 1,98, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa AQ yang dimiliki siswa laki-laki dan perempuan berbeda secara signifikan dan terimplikasi sebagai tambahan informasi mengenai pengembangan AQ untuk siswa sehingga membantu memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa di sekolah.
References
Amir, Z., Risnawati, R., Kurniati, A., & Prahmana, R. C. I. (2017). Adversity Quotient in Mathematics Learning (Quantitative Study on Students Boarding School in Pekanbaru). International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(2), 169. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i2.5780
Amory, J. D. S. (2019). Peranan Gender Perempuan Dalam Pembangunan Di Sulawesi Barat Tahun 2016-2018. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 1–15. Retrieved from https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/8
Artaria, M. D. (2016). Dasar Biologis Variasi Jenis Kelamin, Gender, dan Orientasi Seksual. Jurnal Biokultur, 5(1), 157–165.
Baharun, H., & Adhimah, S. (2017). Adversity Quotient : Complementary Intelligence In Establishing Mental Endurance Santri In Pesantren. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 9(1), 128–143. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v19i1.3502
Darmadi. (2015). Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Pendidikan, 13(1), 161–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Darwin, C. (2019). Origin Of Spacies. Temanggung, Jawa tengah: Desa Pustaka Indonesia.
Diana, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 101–112. Retrieved from https://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snmpm/article/view/377
Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis & Menajemen, 1(1), 61–70. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1666#:~:text=Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi,yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa.
Fadhilah, N. dkk. (2020). Hubungan Antara Daya Ketahanmalangan Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17687
Farida, L. (2018). The Influence Of Application Argument Driven Inquiry Model To Junior High School Studen’t Argumenttion Skills Based On Difference Of Gender. Journal of Physics and Science Learning, 2(3), 25–36.
Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-Laki dan Perempuan Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Journal of Gender Studies, 2(1), 73–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/jh.v1i2.220
Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Professional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
Hanum, L. (2018). Differences in Student Adversity Intelligence by Gender. Journal for Educational, Social, Political & Cultural Studie, 1(2), 115–128. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/.v1i2.1110
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Nasional, 2(1), 109–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Hidayat, W., Herdiman, I., Aripin, U., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Adversity Quotient (AQ) dan Penalaran Kreatif Matematis Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Elemen, 4(2), 230 – 242. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.701
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956
Irfan, A. dkk. (2018). Profil Pemecahan Masalah Pecahan Siswa Sdberdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9.
Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Analisis Kontribusi Kuriositas, Ketahanmalangan Dan Kemampuan Algoritmik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 19(2), 1–12. https://doi.org/http://doi.org/10.5281/zenodo.1470953
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Kauniyah, H. A. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan. 8. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/4924/4586
Leonard, & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.281.7
Manurung, A. K. R. dkk. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/versitas Negeri Jakarta DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1030
Novilita, H., & Suharnan, S. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(1), 619–632. Retrieved from http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/218
Nur, A. S., & Palabo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15067
Parantika, I. W. A. (2020). Differences in Academic Procrastination Attitude Between Fifth Grade Male and Female Students. Journal of Psychology and Instruction, 4(1), 10–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpai.v4i1.24451
Putra, M. R. G. dkk. (2016). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Warga Binaan Remaja Di LPKA Kelas II Sukamiskin Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Keperawatan, 2(1), 53–61. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpki.v2i1.2853
Ristiana, M. G. dkk. (2020). Adversity quotient and logical thinking skills of prospective primary school teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1(1), 1–8. https://doi.org/:10.1088/1742-6596/1657/1/012002
Santrock, J. W. (2009). Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sibuea, F. L., & Andy, S. (2017). Pemetaan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(1), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33330/jurteksi.v4i1.28
Sofyani, N., & Susanto, R. (2019). Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient)Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas Va Di Sekolah Dasar Negerijelambar Baru 01. Jurnal Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–13. Retrieved from https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/dinamika/article/view/96
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gresindo.
Stoltz, P. G. (2007). Adversity Quotient. Jakarta: PT Gresindo.
Suhendri, H. (2018). Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 11(1), 31–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2982
Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.
Wahid; Rafah. (2017). Rasa Tanggung Jawab Anak Sulung Di Kota Makassar. Jurnal Talenta, 2(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13202
Wicaksana, H., Mardiyana, & Usodo, B. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(3), 258–269. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/8574
Yoga, M. (2016). Adversity Quotient Agar Anak Tidak Mudah Menyerah. Solo: Tinta Medina.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.