Belajar Sejarah Dengan E-Learning Berbasis Discovery Learning
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.36387Keywords:
E-learning, Discovery learning, SejarahAbstract
Adanya Covid-19 mengharuskan proses pembelajaran dilakukan secara online membuat proses pembelajaran tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain e-learning berbasis discovery learning pada mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa uji perorangan, dan 9 siswa uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner. Penelitian pengembangan ini menggunakan dua jenis metode analisis data, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. E-learning berbasis discovery learning ini dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi mata pelajaran yang menunjukkan e-learning berbasis discovery learning mendapatkan predikat sangat baik (91%). Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan bahwa e-learning berbasis discovery learning ini mendapatkan predikat baik yaitu (83%). Hasil review dari ahli media pembelajaran menunjukkan e-learning berbasis discovery learning ini mendapatkan predikat sangat baik (92%). Hasil review dari uji perorangan menunjukkan bahwa e-learning berbasis discovery learning ini mendapatkan predikat sangat baik yaitu (95%). Hasil review dari uji kelompok kecil menunjukkan e-learning berbasis discovery learning ini mendapatkan predikat sangat baik (93%). Semua hasil ini menunjukan bahwa e-learning berbasis discovery learning mampu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah, sehingga konten e-learning berbasis discovery learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752.
Ali, S., Hafeez, Y., Humayun, M., Jamail, N. S. M., Aqib, M., & Nawaz, A. (2021). Enabling Recommendation System Architecture in Virtualized Environment for E-Learning. Egyptian Informatics Journal, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.eij.2021.05.003.
Alsalhi, N. R., Eltahir, M. E., & Al-Qatawneh, S. S. (2019). The Effect of Blended Learning on the Achievement of Ninth Grade Students in Science and Their Attitudes towards Its Use. Heliyon, 5(9), e02424. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02424. Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.
Apdelmi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Listening Team untuk Disiplin Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kerinci. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1723.
Arlini, H., Humairah, N., & Sartika, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Teknik Advance Organizer. Saintifik, 3(2), 182–189. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i2.163.
Berga, K. A., Vadnais, E., Nelson, J., Johnston, S., Buro, K., Hu, R., & Olaiya, B. (2021). Blended Learning Versus Face-to-Face Learning in an Undergraduate Nursing Health Assessment Course: A Quasi-Experimental Study. Nurse Education Today, 96(October 2020), 104622. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104622.
Calang, P. N., Jaya, K. A., & Aceh, P. (2017). Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. 1(5), 1–16.
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.
Firosalia Kristin. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.
Fitria. (2020). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Indonesia dengan Metode Diskusi Terbimbing pada Siswa Kelas X Tsm 1 di SMK Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon Yana. Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Indonesia dengan Metode Diskusi Terbimbing pada Siswa Kelas X Tsm 1 Di SMK Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon Yana, 1(3), 1689–1699.
Grønlien, H. K., Christoffersen, T. E., Ringstad, Ø., Andreassen, M., & Lugo, R. G. (2021). A Blended Learning Teaching Strategy Strengthens the Nursing Students’ Performance and Self-Reported Learning Outcome Achievement in an Anatomy, Physiology and Biochemistry Course – A Quasi-ExperimentalSstudy. Nurse Education in Practice, 52(March). https://doi.org/10.1016/j.nepr.2021.103046.
Kacetl, J., & Semradova, I. (2020). Reflection on Blended Learning and E-Learning - Case Study. Procedia Computer Science, 176, 1322–1327. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.141.
Khodeir, L. M. (2018). Blended Learning Methods as an Approach to Teaching Project Management to Architecture Students. Alexandria Engineering Journal, 57(4), 3899–3905. https://doi.org/10.1016/j.aej.2018.10.004.
Kusuma, A. A. I. R. S., Santosa, M. H., & Myartawan, I. P. N. W. (2020). Exploring the Influence of Blended Learning Method in English Recount Text Writing for Senior High School Students. Journal of English Teaching, 6(3), 193–203. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/jet.v6i3.1913.
Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online pada Era dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.
Mitra, N. K., Aung, H. H., Kumari, M., Perera, J., Sivakumar, A., Singh, A., & Nadarajah, V. D. (2021). Improving the Learning Process in Anatomy Practical Sessions of Chiropractic Program Using E-Learning Tool. Translational Research in Anatomy, 23, 100100. https://doi.org/10.1016/j.tria.2020.100100.
Müller, C., & Mildenberger, T. (2021). Facilitating Flexible Learning by Replacing Classroom Time With an Online Learning Environment: A Systematic Review of Blended Learning in Higher Education. Educational Research Review, 100394. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100394.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646.
Nácher, M. J., Badenes-Ribera, L., Torrijos, C., Ballesteros, M. A., & Cebadera, E. (2021). The Effectiveness of the GoKoan E-Learning Platform in Improving University Students’ Academic Performance. Studies in Educational Evaluation, 70. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101026.
Nursulistyo, E. D., Siswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32321.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, September, 1–10. https://www.researchgate.net/publication/323676111_Alur_Belajar_Meningkatkan_Interaktivitas_Pembelajaran_Daring.
Pamungkas, A. S., & Sartika, S. B. (2021). The Role of Primary School Teachers on Online Learning with WhatsApp Group. 5(1), 77–86.
Pitri, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 6(1), 1–84.
Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20.
Ramadhan, O. M. (2020). Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINoP). Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Google Classroom Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa, 6(2), 204–214. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441.
Simatupang, B. A. (2020). Students ’ Perception of t he Discovery Learning Strategy in Learning Reading Comprehension at Widya Manggala Senior High School. 6(June), 158–172.
Siti Nurhayati. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 1 Pandeglang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 14–22. https://doi.org/10.30653/003.202061.92.
Suartama, I. K. (2021). Mobile Ubiquitous Learning : Strategi untuk Melibatkan Siswa dalam Pembelajaran Online yang Bermakna (Issue January).
Tu, L., Wahyuni, S., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2020). Correlation of Reading Interests and Learning Motivation Toward Science Learning Outcomes. 4(3), 484–495.
Ulfah, U. M., & Lukiastuti, F. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Independensi pada Kinerja Auditor Internal Pemerintah dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Tegal). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 11(1), 39. https://doi.org/10.20473/jmtt.v11i1.7620.
Wasiso, A. J., & Winarsih, S. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Sosial terhadap Hasil Belajar Sejarah SMA Negeri 24 Kabupaten Tangerang. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Andrian, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.23590.
Wijayanti, P. D., & Hartati, L. (2018). Pengembangan Modul Matematika SMK Teknologi Kelas X Semester Ganjil Terintegrasi Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3762.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.