Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472Abstract
Terdapat beberapa siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM pada saat Penilaian Tengah Semester (PTS) kompetensi pengetahuan Matematika siswa lebih rendah dari standar KKM. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh model Problem Posing berbantuan media Question Box terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design (eksperimen semu). Subjek penelitian ini berjumlah 235 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Analisis data dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 8,1912 >ttabel =2,000 pada taraf signifikansi 5 % dk = 38 + 39 – 2 = 75, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing berbantuan media Question Box dengan kelompok yang dibelajarkan secara konvensional. Disimpulkan model pembelajaran Problem Posing berbantuan media Question Box dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar.
References
Amelia, I. dan. (2018). Model-model pembelajran matematika. Jakarta: PT bumi Aksara.
Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 3(4). http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Cai, Jiang, & Silber. (2015). Problem Posing Research In Mathematics : Some Answered And Unanswered Questions. Mathematical Problem Posing, 3–34. DOI: 10.1007/978-1-4614-6258-3_1
Christidamayani, & Kristanto. (2020). The Effects of Problem Posing Learning Model on Students’ Learning Achievement and Motivation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 2(2), 100–108. DOI: 10.23917/ijolae.v2i2.9981
Daryati, Nugraha, & Sutarni. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 31–42. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.11048
Dewi, D. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Donas Ahmad Najib &Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063
Fauziah, V. . (2016). Keefektifan Model pembelajaran Discovery Learning berbantu Questions Box dan model. Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika siswa SMK. https://lib.unnes.ac.id/29019/
Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD Negeri Kalibukbuk. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1950
Hadiyanto, Budiyono, & Selamat. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving Dengan Pendekatan Pmr Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10866
Hodiyanto, & Haryadi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4(2), 132–140. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.5941
Jailani. (2017). Penggunaan Peta Konsep Untuk Belajar Bermakna Dan Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Education, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Lapisa, Basri, Arif, & Saputra. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Auto CAD. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2). https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.82
Nurfitriana. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Berbasis CAI Sebagai Media Pembelajaran Pada kompetensi Dasar Menganalisis Jabatan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 51–58. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/30701
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(24). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Paramita. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Pupuan. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6950
Pembelajaran, M., Posing, P., Guru, S., Ilmu, J., Sosial, P., & Vol, H. (2017). Yulisma – Model Pembelajaran Problem Posing untuk …. 3(1), 99–108.
Permana, Dantes, & Parmiti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada Gugus IV Kerinci Kecamatan Melaya Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11029
Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775
Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960
Renny, Sonbay, Yohana, R. (2019). the Effect of Open-Ended Teaching Model on Mathematics. Jurnal Kependidikan Matematika, 1(2), 105–110. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT
Retnowati, & Dkk. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning By Problem Posing Or By Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787
Riza, S., & Rery, R. U. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Rotating Trio Exchange ( Rte ) Disertai Media Question Box Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Di Kelas Xi Ipa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Rotating Trio Exchange ( RTE ). Jurnal Online Mahasiswa PGSD, 2(2), 1–8. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/7090
Sari, P., & Kurniati, T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA MAN 1 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(1), 93–103. http://dx.doi.org/10.29406/arz.v5i1.656
Sitohang, I. L., Saragih, S., & Konsep, P. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman. Jurnal Inspiratif, 4(2), 1–12. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpmi/article/viewFile/10804/9697
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutami, N. K. (2018). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 113–122. http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., & Makassar, U. (2018). Skripsi.
Vista, Hermita, & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 20–29. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29
Widayanti, Sutama, & Wisudariani. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20268
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.