Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan

Authors

  • Mustangin Mustangin Universitas Mulawarman
  • Muhammad Fauzan Akbar Universitas Mulawarman
  • Wahyu Novita Sari Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38821

Keywords:

Anak Jalanan, Evaluasi Pendidikan, Pelaksanaan Pendidikan, Pendidikan Nonformal

Abstract

Pendidikan nonformal merupakan pendidikan berbasis kebutuhan dan disesuaikan dengan karakteristik anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendapatkan data lebih spesifik dan lebih mendalam mengenai pendidikan nonformal bagi anak jalanan. Teknik penelitian pada penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen dengan teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan untuk anak jalanan yang dilaksanakan bertempat di sekitar jalanan karena pendidikan nonformal bersifat fleksibel sesuai dengan kondisi dari anak jalanan itu sendiri dan disesuaikan dengan kontrak belajar yang telah disepakati. Hal itu dikarenakan anak jalanan sendiri memiliki kesibukan sehingga fasilitator bisa menyesuaikan dengan kondisi anak jalanan. Evaluasi oleh fasilitator sebagai tenaga pengajar anak jalanan juga dilakukan untuk  mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pendidikan nonformal dan bahan masukan untuk pengembangan program. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan nonformal yang dilaksanakan untuk anak jalanan diantaranya adalah pendidikan dasar berupa pendidikan untuk menuntaskan buta aksara meliputi kegiatan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sebagai pendidikan dasar bagi anak jalanan. Selain itu pendidikan keterampilan hidup juga diajarkan untuk membekali anak jalanan keterampilan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kapasitasnya sehinga dari adanya pendidikan keterampilan ini dapat menjadikan anak jalanan memiliki kapasitas sehingga anak jalanan tidak kembali lagi ke jalan.

References

Amin, M. A., Krisnani, H. H., & Irfan, M. (2014). Pelayanan Sosial Bagi Anak Jalanan Ditinjau Dari Perspektif Pekerjaan Sosial. Share Social Work Jurnal, 4(2), 181–189. https://doi.org//10.24198/share.v4i2.13079.

Anandar, R., Wibhawa, B., & Wibowo, H. (2015). Dukungan Sosial Terhadap Anak Jalanan Di Rumah. Share Social Work Jurnal, 5(1), 81–88. https://doi.org//10.24198/share.v5i1.13122.

Anandar, R., & Wibowo, H. (2015). Model Pendekatan Centre Based Dalam Menangani Anak Jalanan Perempuan. Share Social Work Jurnal, 5(2), 106–208. https://doi.org//10.24198/share.v5i2.13139.

Arnady, M. A., & Prasetyo, I. (2016). Evaluasi program kecakapan hidup di sanggar kegiatan belajar Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.6303.

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonform, 10(5), 1–13.

Dani, R. P., Mundzir, M., & Hardika, H. (2018). Pendidikan Luar Sekolah dalam Perspektif Purna Tenaga Kerja Indonesia (Studi Fenomenologi Di Pagelaran Malang). Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 25–35.

Diaz, J., Chaudhary, A. K., Jayaratne, K. S. U., & Assan, E. (2020). Expanding evaluator competency research: Exploring competencies for program evaluation using the context of non-formal education. Evaluation and Program Planning, 79(February), 101790. https://doi.org/10.1016/j.evalprogplan.2020.101790.

Divayana, D. G. H., & Sugiharni, G. A. D. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model Cse-Ucla. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 158. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586.

Elian, A. F., & Ilyas, I. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif Pada Kursus Mahacoustic Music Management Di Kota Semarang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 111. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.111-120.2020.

Ernawati, & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915.

Felani, N. (2017). Implementasi Pembelajaran PKBM Berbasis Budaya Guna Mendukung Pelestarian Budaya DI PKBM Wiratama Yogyakarta. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 52–62. https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23852.

Herlina, A. (2014). Kehidupan anak jalanan di Indonesia : faktor penyebab, tatanan hidup dan kerentanan berperilaku menyimpang. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi (P3DI) Sekretariat, 5(2), 145–155.

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program-Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 97–108. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8111.

Kartini, T., & Rusman, R. (2019). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 74–86. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23651.

Kolawole, O. D., & Pusoetsile, T. (2021). What difference does literacy make among adult learners? Impact of adult basic education programme in a rural community in Botswana. Journal of Adult and Continuing Education, 147797142110074. https://doi.org/10.1177/14779714211007495.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Dan Menengah. Kependidikan Islam, 7(2), 67–79.

Lestari, W. E. W. (2018). Evaluasi Program Kursus Office Terpadu Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Bimantara Klaten. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 53–61.

Masdin, M., & Mulu, B. (2017). Anak Jalanan Di Kota Kendari Menuju Kota Layak Anak. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 12(2), 100–111. https://doi.org/10.31332/ai.v12i2.643.

Melindra, Y., & Irmawita. (2020). Documentation Study Of Street Children By Social Office Of Padang City. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 175–181. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i2.109221.

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168.

Nurfaal, A. R. (2017). Penyelenggaraan Program Pelatihan Tata Busana Di Balai Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 107–118. https://doi.org//10.21831/diklus.v1i1.23860.

Olomukoro, C. O., & Adelore, O. O. (2015). Political Empowerment of Women through Literacy Education Programmes in EDO and Delta States, Nigeria. Journal of Adult and Continuing Education, 21(2), 3–23. https://doi.org/10.7227/jace.21.2.2.

Riyanto, P. (2020). Literasi sebagai Upaya Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 45–54. https://doi.org//10.21831/diklus.v4i1.27889.

Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2016). Strategi pengembangan inovasi program pendidikan nonformal sebagai best practices bagi pusat kegiatan belajar masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.10745.

Rochimah, N. A. (2016). Pengelolaan Layanan Pembelajaran Anak Jalanan Di Lembaga PPAP Seroja Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).

Safitri, D. N. (2017). Pendidikan Nonformal Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kemandirian Siswa Di Desa Kunci. J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v1i1.59.

Setiawan, E. G., Wahyudi, C., & Jatmikowati, S. H. (2016). Pembinaan Anak Jalanan Melalui Home Shelter “Griya Baca” Kota Malang Sebagai Upaya Menuju Kota Layak Anak. Publisia Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 24–37. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkpp/article/view/425/198.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukmaningrum, P. S., & Faizah, S. I. (2019). Strategi Penguatan Ekonomi Orang Tua pada Keluarga Anak Jalanan di Surabaya. Jurnal Sosial Humaniora, 12(2), 66. https://doi.org/10.12962/j24433527.v12i2.4209.

Ummatin, K. (2020). Kebijakan Proteksi Anak Jalanan di Kota Yogyakarta Menurut Perspektif Maqasid Syariah. Ulul Albab: Jurnal Studi Dan Penelitian Hukum Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.30659/jua.v3i1.4987.

Downloads

Published

2021-09-24

How to Cite

Mustangin, M., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38821

Issue

Section

Articles