Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) Sebagai Solusi dalam Menentukan Strategi Pengembangan Usaha Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.40965Keywords:
BMC, SWOT, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pemilik usaha melalui pendampingan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah usaha nasi goreng “Miroso” yang merupakan nasi goreng legend di daerah tersebut belum melakukan pemetaan bisnis dan mencari solusi untuk mempertahankan konsumen. Di tengah kondisi semakin banyaknya kompetitor bisnis kuliner yang menghadirkan konsep lebih modern dibandingkan dengan usaha tersebut yang masih mengemas usaha secara konservatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik usaha nasi goreng “Miroso” di Samarinda, Kalimantan Timur. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT untuk melihat kelemahan dan ancaman yang dihadapi dengan mengoptimalkan kelebihan dan peluang yang dimiliki serta pemetaan bisnis dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menghasilkan solusi yang dapat digunakan pemilik usaha untuk dapat bersaing dengan kompetitor sejenis dengan cara memperluas jangkauan pasar pada elemen channel (saluran), mengikuti pelatihan pengembangan usaha (value proposition), menambah tenaga kerja dan membuka cabang baru (key resources).
References
Agustin, D., Cahyono, S., Tafrizi, T., Evianasari, A., & Nurminingsih, N. (2021). Membuat Bussines Model Canvas (Bmc) Untuk Start Up Di Kelurahan Bambu Apus Jakarta Timur. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 5(1), 60–66. https://doi.org/10.52643/pamas.v5i1.1275.
Alamsyah, Y. (2013). Bangkitnya bisnis kuliner tradisional. Elex Media Komputindo.
Arif, M. (2018). Supply Chain Management. Deepublish.
Awaluddin, R. (2021). Pelatihan Swot Dan Business Model Canvas Pada Ukm Keripik Kere Di Kabupaten Kuningan. Humanis, 20(1), 47–57. https://doi.org/10.26858/humanis.v20i1.22455.
Evelina, N., Waloejo, H., D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 203–213. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/1636.
Haryono, T. (2010). Pentingnya menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan konsumen dalam masa krisis. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 3(1). https://doi.org/10.15294/jejak.v3i1.4666.
Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan bisnis model kanvas dalam penentuan rencana manajemen usaha kedelai edamame goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(1), 42–51. https://doi.org/10.19184/j-agt.v13i01.8554.
Istiqomah, I., & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363–382. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019.
Jannah, M. (2018). Analisis pengaruh biaya produksi dan tingkat penjualan terhadap laba kotor. Banque Syar’i: Jurnal Llmiah Perbankan Syariah, 4(1), 87–112. http://103.20.188.221/index.php/bs/article/download/1073/877.
Kaban, I. D. (2020). Analisa Inovasi Pelayanan Pengguna Jasa Penerbangan Melalui “Airport Digital” Di Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 211–223. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.245.
Kurniawan, F. A. (2017). Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru. SKETSA BISNIS, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.35891/jsb.v4i2.1602.
Leli, M. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Prespektif Islam. At-Tasyri’iy: Jurnal Prodi Perbankan Syaria, 2(1), 27–43. http://jurnal.stai-yaptip.ac.id/index.php/At-Tasyriiy/article/view/78.
Mardiana, N., & Hidayat, T. (2018). Pengembangan Key Resources Dan Key Partnership dalam Aktivitas Bisnis Industri Kreatif UKM Garuda Jaya Malang. Cakrawala: Jurnal Litbang Kebijakan, 12(1). https://doi.org/10.32781/cakrawala.v12i1.268.
Natalia, C., & Astuario, R. (2015). Penerapan model green SCOR untuk pengukuran kinerja green supply chain. Jurnal Metris, 16(2), 97–106. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/metris/article/view/329.
Oktapriana, C., Nurdiniah, D., Bhuana, K. W., & Novianti, N. (2021). Pendampingan Perhitungan Harga Jual Melalui Metode Service Learning Bagi Kedai Kopi Di Kota Bekasi. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 265–274. https://doi.org/10.25077/logista.5.2.265-274.2021.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.
Putra, R. P. H. (2020). Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Pada Umkm Kuliner Krr’s Otentik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/6564/5726.
Putranto, A. (2017). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Studi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kecamatan Wonosobo Kabupatenwonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(3), 280–286. https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i3.432.
Rainaldo, M., Wibawa, B. M., & Rahmawati, Y. (2017). Analisis business model canvas pada operator jasa online ride-sharing (Studi kasus Uber di Indonesia). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 232–236. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25277.
Rochman, I. (2019). Analisis SWOT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islam Yogyakarta). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1), 36–52. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3527/2596.
Sari, S. I. P., & Mirza, M. (2019). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Kendaraan Niaga Merek Hino. Swot, 7(1), 279578. https://www.neliti.com/publications/279578/analisis-pengaruh-customer-relationship-management-persepsi-harga-dan-kualitas-p.
Setyorini, H., & Santoso, I. (2017). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6.
Somantri, G. G., Satria, A., & Iskandar, B. H. (2018). Analisis Model Bisnis Pt. Pahala Bahari Nusantara Dengan Menggunakan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. ALBACORE Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.29244/core.2.1.1-12.
Suryana, Y., & Bayu, K. (2012). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses Ed. 2. Kencana.
Susilowati, I. H. (2021). Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Perspektif, 19(2), 113–121. https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11183.
Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. MBIA, 19(3), 320–330. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/mbia/article/view/1177.
Syah, R. F., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(3), 396–416. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.364.
Syamsurizal, S. (2020). Peran Kepemimpinan dan Penerapan Manajemen Perubahan dalam Peningkataan Daya Saing Organisasi Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Bisnis Internasional, 1(1). https://plj.ac.id/ojs/index.php/jambi/article/view/342.
Wardhanie, A. P., & Kumalawati, D. (2018). Analisis business model canvas pada perpustakaan Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 124–132. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4776/.
Wisdaningrum, O. (2013). Analisis rantai nilai (value chain) dalam Lingkungan internal perusahaan. Jurnal ANALISA, 1(1). https://www.academia.edu/download/55810987/Value_Chain_Analysis_Analisis_Rantai_Nil.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 International Journal of Community Service Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.