Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Berbantu Media Puzzle Materi Jenis-Jenis Ekosistem Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i4.16107Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berbantu media puzzle materi jenis-jenis ekosistem terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Trangkil 1 Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk True Experimental Designs dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan rata-rata skor pretest pada kelas eksperimen mencapai 62,01 dan kelas kontrol mencapai 56,21 sedangkan rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen mencapai 74,82 dan kelas kontrol mencapai 61,65. Nilai ketuntasan klasikal pretest pada kelas eksperimen mencapai 25,93% dan pada kelas kontrol mencapai 19,23% sedangkan pada posttest kelas eksperimen mencapai 81,48% dan pada kelas kontrol mencapai 19,23%. Berdasarkan dari uji t pada kelas eksperimen dan kontrol dengan thitung lebih dari ttabel (3,126>2,009). Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berbantu media puzzle materi jenis-jenis ekosistem berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Trangkil 1 Kabupaten Pati.References
Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Astuti, Ni Putu Eka Yuni. 2011. “Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Pembelajaran Langsung (Direct Instruction/DI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Kelas VIII di SMP 6 Singaraja Tahun 2011”. E- Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2011 (25).
Dewiyanti , Ni Kd. & I Kt Adnyana P., I W. Wiarta. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika “. JIPP Volume 2 Nomor 1 April 2018 (29-37).
Fatmawati. As., I Nym. Jampel, I Wyn. Widiana. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD”. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha. Di akses melalui ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article%20/viewFile/1262/1125.
Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12, no. 1, hal. 81, 83.
Kariyana, I Kadek.2014 “Implementasi Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola”. Jurnal Penjakora Vol 2 No 1 2014 (1-11).
Marianti dan Ratnawati Susanto 2017. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol.1 (4) pp. 260-269.
Maviro, Anirisa Latut Torikil. 2017. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Banda Aceh:Universitas Negeri Ar-Raniry.
Muliantika, Pt. Frendita I Gd. Margunayasa, I Md. Citra Wibawa. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Ulum, Misbakhul dan Jandut Gregorius. 2015. Pemanfaatan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Vol. 03, no. 02, hal. 1481.
Purwandari, Amanda & Dyah Tri Wahyuningtyas. 2017. “Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (3) pp. 163-170.
Putri, Dewi Siswanti & Mawardi.2017. ” The Application Of Teams-Games-Tournament (TGT) To Increase Students’ Activeness And Learning Outcomes “. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 50 (2), July 2017, 60-68.
Priliyani, Eka. Mujihardi. 2014. “Penerapan Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Monopoli Bilangan Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Kalirejo II Kabupaten Pasuruan”. Junal Malang: FKIP Universitas Kanjuruhan.
Qurrota, Dewi & I Nyoman Suardana, I Made Suwenten, 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Volume 1, Nomor 2, 2017.
Rohmah, Emay Aenu, Wahyudin. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa”. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, ISSN 2085-1243 Vo. 8. No.2 Hal 126-143.
Saptayanti, Gusti Ayu Kade Emi, I Made Citra Wibawa, Ketut Pudjawan. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1.
Solihah, Ai. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal SAP Vol. 1 No. 1 Agustus 2016 ISSN: 2527-967X
Suari, Mirah Marlia. 2008. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X-6 Semester 1 SMAN 2 Singaraja Tahun Ajaran 2008/2009”. E-Jurnal Undiksha Vol 1 No 1 2008.
Sudimahayasa, Nyoman. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 48, Nomor 1-3, April 2015, hlm. 45-53.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprihartiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Wulandari, Novita. 2014. “Penerapan Pembelajaran Kooperatid Tipe Times Games Tournament (TGT) Melalui Media Permainan Ular Tangga yang dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sumbersuko 02 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang”. Jurnal FKIP Universitas Kanjuruhan Vol 2 No 1 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)