Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Think Talk Write berbantu media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD NEGERI BUGANGAN 02 SEMARANG. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Pre Experimental Design yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD N BUGANGAN 02 SEMARANG tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diambil adalah 29 siswa kelas V. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis akhir yang telah dilakukan terlihat dari nilai posttest yang menunjukan pembelajaran dengan model Think Talk Write berbantu media gambar seri lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 10,239 > 2,370 dengan db N-1=29- 1=28, dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=2,370 karena thitung>ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa efektif penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantu media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD NEGERI BUGANGAN 02 SEMARANG.
References
Agus Suriamiharja, dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen
Akhadiah, Sabarti. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media
Ariyanti Dwi Pratiwi, Ach. Fatchan, Purwanto . Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Menıngkatkan Kemampuan Berkomunıkası Sıswa Secara Tertulıs. Universitas Negeri Malang.
Dewayani, Dian Ayu. 2016. Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Kusus Vol. 8 No. 1 Hal. 1-16. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/16101/14617.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djuraid, Husun. 2009. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press.
Enre, Fahrudin. 1998. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Firdaus, Lyus. 2010. Komik Sebagai Media Pembeljaran Bahasa Arab. Jurnal Al ‘Arabiyah Vol 3 (No. 1 bulan Juli 2006). Diakses dari digilib.uin- suka.ac.id/view/subjects/jur=5Farbyh.html pada tanggal 2 Maret 2015 pukul 17.00 WIB.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hartanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rantau Panjang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika Vol. 4 No. 1 Hal. 10-17. http://fkip.unsri.ac.id/index.php/menu/104.
Hastuti, Sri. 1982. Tulis Menulis. Yogyakarta: Penerbit Lukman.
Irmayati, Resi, Ali Imron dan Suparman Arif. 2015. Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Pesagi (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah). Vol. 3 No. 5 Hal. 1-12. Tersedia Pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/view/10135/pdf_143.
Iru, La dan Arihi L.S. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.
Ratna ,Setya (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ditinjau Dari Minat Menulis Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar . PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret ISSN : 2337 – 8786.
Setiyaningrum, Erin, dan Istiqomah. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think – Talk - Write terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 Hal. 9-16. Tersedia Pada: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/270.
Riansyah, Fahri, Arnida Sari. 2018. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning Vol. 1, No. 2, Hal. 119-126. Tersedia Pada: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/5426.
Riski, Riska, Muh. Rizal, Linawati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring di Kelas VIII C SMP Negeri 9 Palu. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 5 Nomor 2, Hal. 175-190. Tersedia Pada: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/9097.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Metodologi Pengjaran Bahasa Indonesia. Bandung Pustaka Setia.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)