Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Word Card Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Irma Anggraeni Aida Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif apa tidaknya model pembelajaran make a match berbantu media word card terhadap hasil belajar siswa materi penafsiran data kelas V SD SD N Barusari 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan model Nonequivalent Control Grup. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N Barusari 01 Semarang. Berdasarkan olah data menggunakan uji-t posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh ttabel = 1,67722 dan thitung = 7,9951 maka kriteria (α/a,n1+n2-2) < thitung, sehingga diperoleh 1,6772<7,9951 maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil rata-rata nilai posttest lebih meningkat setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantu media word card.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitas Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. Tersedia Pada : http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2351.

Aqib, Zainal. 2013. Model- model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Arifah Novia, Aldi, dan Fiska Indah Reski. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Genetic Vocabulary Cards Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sainsmat, Vol. VII, No. 2 Hal. 177-184. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/8011.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. 2016. Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop uMeningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3042.

Djumiati. 2010. Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Kependidikan Dasar. Vol 1 No.2

Firmansyah, Deni. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Singaper Bangsa.

Huda, miftahul. 2013. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Karimah, Deni Inayatul. 2017. Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Word Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kelas IV SD N 02 Ringin Rembang. Universitas PGRI Semarang.

Maryani, R. 2015. Pengaruh Penerapan Media Biocards Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sumber Kabupaten Cirebon. [Skripsi]. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Mufarokah , Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Hal. 233-245. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879.

Muslimah, Kasmudin Mustapa, Ratman.2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elekrolit di Kelas X Madrasah Aliya DDI Lonja. J. Akademika Kim. Vol. 7 No. 1Hal. 23-27. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/10386.

Novianti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Mengunakan Geoboard Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Negeri 2 Bireuen. Universitas Almuslim

Pista, Lusi Ana, Yakobus Ason, Waridah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Aspek Perkembangan Motorik dan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 1 Hal. 27-35. Tersedia Pada

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Soegeng, A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan. Semarang: Semarang Press.

Sudjana, Nana. 2010. Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik Edisi 6. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014.. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, Nana. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfah, Umi. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Kelipatan Dan Faktor Bilangan Kelas IV SD Negeri Batursari 02 Mranggen. Universitas PGRI Semarang.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Downloads

How to Cite

Aida, I. A., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Word Card Terhadap Hasil Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(3), 327–334. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19446

Issue

Section

Article