Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Word Card Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19446Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif apa tidaknya model pembelajaran make a match berbantu media word card terhadap hasil belajar siswa materi penafsiran data kelas V SD SD N Barusari 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan model Nonequivalent Control Grup. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD N Barusari 01 Semarang. Berdasarkan olah data menggunakan uji-t posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh ttabel = 1,67722 dan thitung = 7,9951 maka kriteria (α/a,n1+n2-2) < thitung, sehingga diperoleh 1,6772<7,9951 maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil rata-rata nilai posttest lebih meningkat setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantu media word card.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitas Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aliputri, Dhestha Hazilla. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol.2 No. 1A Hal. 70-77. Tersedia Pada : http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2351.
Aqib, Zainal. 2013. Model- model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arifin, Arifah Novia, Aldi, dan Fiska Indah Reski. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Genetic Vocabulary Cards Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Sainsmat, Vol. VII, No. 2 Hal. 177-184. Tersedia Pada: http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/8011.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Deschuri, Cani, Dadang Kurnia, Diah Gusrayani. 2016. Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu Klop uMeningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 Hal. 361-370. Tersedia Pada : http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3042.
Djumiati. 2010. Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Kependidikan Dasar. Vol 1 No.2
Firmansyah, Deni. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Singaper Bangsa.
Huda, miftahul. 2013. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
Karimah, Deni Inayatul. 2017. Keefektifan Model Make A Match Berbantu Media Word Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Kelas IV SD N 02 Ringin Rembang. Universitas PGRI Semarang.
Maryani, R. 2015. Pengaruh Penerapan Media Biocards Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sumber Kabupaten Cirebon. [Skripsi]. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Mufarokah , Anissatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Hal. 233-245. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879.
Muslimah, Kasmudin Mustapa, Ratman.2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elekrolit di Kelas X Madrasah Aliya DDI Lonja. J. Akademika Kim. Vol. 7 No. 1Hal. 23-27. Tersedia Pada : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/10386.
Novianti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Mengunakan Geoboard Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Negeri 2 Bireuen. Universitas Almuslim
Pista, Lusi Ana, Yakobus Ason, Waridah. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Aspek Perkembangan Motorik dan Bahasa pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 1 Hal. 27-35. Tersedia Pada
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Soegeng, A.Y. 2013. Filsafat Pendidikan. Semarang: Semarang Press.
Sudjana, Nana. 2010. Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik Edisi 6. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014.. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, Nana. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Ulfah, Umi. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Kelipatan Dan Faktor Bilangan Kelas IV SD Negeri Batursari 02 Mranggen. Universitas PGRI Semarang.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003.
Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)